Hari Pertama Pelipatan Surat Suara, Polresta Tanjungpinang Tingkatkan Pengamanan
Oleh : Devi Handiani
Senin | 08-01-2024 | 15:12 WIB
surat-suara-TPI.jpg
Proses pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Tanjungpinang, diawasi Polisi, Bawaslu dan KPU, Senin (8/1/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - KPU Kota Tanjungpinang laksanakan pelipatan surat suara hari pertama untuk Pemilu dan Pilkada 2024 di wilayah Tanjungpinang.

Pelipatan surat suara itu berlangsung di Gedung Logistik KPU Kota Tanjungpinang di Jalan WR Supratman Km 8, Senin (08/01/2024).

Dalam proses pelipatan surat suara tersebut harus dilakukan pengamanan guna mengantisipasi informasi hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, petugas Polresta Tanjungpinang, KPU Kota Tanjungpinang, Bawaslu Kota Tanjungpinang bersinergi tingkatkan pengamanan.

Pengamanan proses pelipatan surat suara itu diawasi oleh Kasubag KPU Kota Tanjungpinang, Albert Hutauruk; Staf Bawaslu Kota Tanjungpinang, Indrasyah Purnama; Kasiwas Polresta Tanjungpinang, Iptu MT Siregar dan Anggota PAM Gudang Logistik, Briptu Budi Utomo.

"Adapun total surat suara yang dilakukan proses pelipatan di Gedung Logistik KPU Kota Tanjungpinang berjumlah 170.669 lembar (DPT +12%). Surat suara tersebut terdiri dari lima jenis, yakni surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Tanjungpinang untuk empat daerah pemilihan (Dapil)," ujar Kasubag KPU Kota Tanjungpinang, Albert Hutauruk.

Proses pelipatan suara tersebut dikerjakan selama 5 hari. Peserta yang melakukan pelipatan surat suara terdiri 50 orang dari masyarakat umum dan selama pelipatan suara peserta dikumpulkan alat komunikasi handphone, tas dan alat mencurigakan yang lainnya, intinya dilakukan tata tertib untuk peserta pelipatan surat suara maupun pengunjung.

Diketahui, Polresta Tanjungpinang turut ikut serta dalam Operasi Mantab Brata (OMB) Polri dengan tujuan mengamankan proses penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 untuk wilayah Kota Tanjungpinang.

Editor: Gokli