KPU Tanjungpinang Beri Pemahaman Kepemiluan Bagi Pelajar SMA dan SMK
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 14-12-2023 | 18:58 WIB
KPU-Tanjungpinang11.jpg
Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Faizal. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - KPU Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan Duta Demokrasi yang bertema "Milenial dan Pemilu" yang digelar di Hotel CK, Km 8, Kota Tanjungpinang, Kamis (14/12/2023).

KPU Kota Tanjungpinang merekrut 40 orang pelajar Tanjungpinang, masing-masing sekolah mengutus 2 orang siswa untuk mewakilkan sekolahnya.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Faizal menjelaskan perwakilan pelajar Kota Tanjungpinang merupakan siswa tingkat SMA dan SMK, dengan memberikan pengarahan pembekalan tentang materi demokrasi.

Pihaknya juga mengundang konten kreator agar mereka bisa membuat konten kreatif tentang kepemiluan dan tentang ajakan pada proses kepemiluan.

"Tujuan dari kegiatan Duta Demokrasi ini adalah salah satu upaya KPU untuk bisa mendorong partisipasi para pelajar. Pelajar ini nantinya akan menjadi sebagai pemilih pemula, mereka dapat mensosialisasikan dan mengajak pera pemilih pemula yang ada di lingkungannya terutama di sekolah untuk ikut sama-sama berpartisipai menjadi pemilih aktif dipemilu 2024," jelasnya.

Selanjutnya, Muhammad Faizal juga mengatakan KPU melihat ada potensi 52% suara pemuda usia 17-30 tahun artinya suara pemilu 2024 di Kota Tanjungpinang bergantung kepada suara pemuda.

"Nah dari itu kita dorong partisipasi pemuda ini untuk benar-benar bisa berpartisipasi dan kita juga berharap mereka bisa jadi ujung tombak untuk menyampaikan kepada teman- teman sebayanya untuk tidak golput karena negara ini sudah memberikan haknya mereka. Maka sekarang ini lah mereka bisa memberikan hak nya sebagai warga negara untuk memberikan hak suara mereka di hari H nanti," ucapnya.

Diketahui pihak KPU Kota Tanjungpinang melihat data DPT dari Tanjungpinang ada 167.076 pemilih, dan 52 % itu adalah kaum muda atau milenial. Ini yang menajdi titik fokus kedepannya untuk merubah trend dari pemilu sebelumnya.

"Karna angka dari daftar pemilih itu dari kaum milenial ,dan yang kita tahu kaum milenial ini lebih ke trend sosial media ,jadi kita mengikuti pola pola ini untuk pendekatan ke mereka makanya kita mengajak para pelajar untuk memberikan nuansa baru. Contohnya seperti kemarin pada saat kita lakukan pemutaran Film Kejarlah Janji yang dimana film ini adalah garapan dari KPU RI, seperti inilah upaya cara lain kita untuk bersosialisasi kepada masyarakat, dari film itu didalamnya banyak pesan pesan yang bisa diterima oleh masyarakat," ujarnya.

"Untuk sekedar informasi kotak suara sudah tiba dimulai pada bulan oktober lalu, kalau surat suara diperkirakan di akhir desember atau di awal januari. Kalau berdasarkan hasil rapa konsolidasi kami dengan pihak penyedia dan pihak Polda sebagai pengamanan insyaallah sudah dikirim dari Klaten menuju ke Kepri nantinya tiba di pelabuhan kijang, setelah tiba di Tanjungpinang surat suara itu akan didistribusikan pada H-1," tutupnya.

Editor: Yudha