Jelang Nataru, PT Pelni Tanjungpinang Siapkan Kapal Tambahan
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 07-12-2023 | 18:04 WIB
KM-Umsini1.jpg
Kapal Pelni KM Unsini. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2024 PT Pelni akan menyediakan armada kapal tambahan untuk mengantisipasi membludaknya penumpang.

Putra Kencana, Kepala Kantor Cabang PT Pelni Tanjungpinang mengatakan pihaknya menambahkan armada kapal dalam mengantisipasi lonjakan penumpang Nataru.

"Untuk sekarang sudah mulai ada peningkatan hampir 30 persen. Makanya kami akan memberikan kapal tambahan, kami menghimbau agar bisa menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal dan membeli tiket jauh jauh hari," terang Putra, Kamis (7/12/2023).

Untuk saat ini rute yang pelayaran Kapal Pelni yakni Kijang, Letung, Tarempa, Natuna, Midai, Serasan, Pontianak, Surabaya.

Sedangkan jalur yang digunakan KM Bukit Raya adalah Kijang, Blinyu, dan Tanjung Priok Jakarta. Selain itu terdapat tambahan pendampingan satu armada kapal KM Lawit satu trip ke Pulau tanggal 16 Desember nanti.

"Nanti tanggal 28 Desember 2023 dari Kijang arahnya ke Tanjung Priok dan untuk ke Blinyu juga ada tambahan dari KM Dorolonda setelah dari Batam, Kijang, Tanjung Priok," ujarnya.

Penambahan armada ini, lanjut Putra dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada akhir tahun dan Nataru 2024.

"Kini armada yang telah di siapkan yaitu tipe 2000 KM Umsini, tipe 1000 KM Lawit dengan KM Bukit Raya," jelas Putra Kencana.

Tiket kapal paling dominasi untuk KM Bukit Raya tujuan Letung, Tarempa, Natuna dan dari Tanjungpinang kebanyakan tujuannya ke Belawan

Putra Kencana juga memberikan himbauan kepada calon penumpang untuk tidak terjadi penumpukan antrian, PT Pelni memberikan nomor antrian sesuai dengan nomor booking tiket.

"Ketika masuk ke ruang terminal dan pemeriksaan tiket pas masuk kami sesuaikan dengan nomor urut itu. Jadi tidak ada dorongan disamping itu juga yang sudah memiliki seat agar tidak khawatir," pungkasnya.

Editor: Yudha