Ribuan Masyarakat Tanjungpinang Meriahkan Kirab Kebangsaan Merah Putih
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 16-08-2023 | 13:12 WIB
Kirab-TPI.jpg
Suasana meriah Kirab Kebangsaan Merah Putih di Kota Tanjungpinang, Rabu (16/8/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ribuan masyarakat Kota Tanjungpinang bersama TNI-Polri dan ASN merihkan Kirab Kebangsaan Merah Putih yang dimulai pukul 07.00 WIB, berpusat di Mapolresta Tanjungpinang hingga ke beberapa jalan strategis, Rabu (16/8/2023).

Kemeriahan acara ini semakin terpancar dengan kehadiran para pejabat tinggi daerah, termasuk Kapolresta Tanjungpinang, Kombespol Heribertus Ompusunggu; Dandim 0315/Tanjungpinang, Kolonel Inf Tommy Anderson; Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma; Ketua DPRD Tanjungpinang, Hj Yuniarni Pustokoweni; Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Riska; Kajari Tanjungpinang, Lanna Hany Wanike Pasaribu hingga Wakapolresta Tanjungpinang, AKBP Arief Robby Rachman.

Ada juga Danlanud RHF diwakili Kadispers Mayor Adm Muhammad Yunus; Danlanudal Tanjungpinang diwakili Pasilog Mayor Laut (P) Ahmad; Danwing Udara I diwakili Pasiminpers Mayor Laut (P) Elia; Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah; Kabasarnas Tanjungpinang, Surya; Ketua FKUB Tanjungpinang, H Supeno dan Penasehat LAM Kota Tanjungpinang, Dato' H Wan Rafiwar.

Kapolresta Tanjungpinang mengatakan, peserta kirab terdiri dari beragam kelompok, mulai dari anggota TNI-Polri dan ASN hingga pelajar dan anggota Pramuka. Berbagai unit turut serta dalam kirab ini, mulai dari Pasukan Kebangsaan Merah Putih, Pleton PJU Polresta Tanjungpinang, Pleton Kompi Brimob Bintan, Pleton Paskibra, hingga Pleton Pramuka dan siswa dari SMAN 2 Tanjungpinang.

Rute kirab diawali dari Mapolresta Tanjungpinang dan berakhir di Tugu Sirih. Rute ini dipilih dengan hati-hati untuk menampilkan semangat kebangsaan dan kecintaan pada Tanah Air. Sepanjang rute, ribuan mata memandang antusias menyaksikan barisan peserta kirab.

"Melalui kirab ini, semangat nasionalisme dan persatuan terus ditanamkan dalam diri setiap peserta dan penonton. Ribuan mata yang menyaksikan barisan merah putih ini bergerak melintasi jalan-jalan kota, mengingatkan bahwa kemerdekaan adalah perjuangan bersama dan warisan yang harus dijaga dengan tekad yang bulat," ujar Kombes Pol Heribertus Ompusunggu.

Acara ini diakhiri dengan penutupan yang meriah, semua peserta dan penonton merasa terhubung dalam semangat kebangsaan yang tak tergoyahkan. Kirab Kebangsaan Merah Putih tahun ini tak hanya menjadi pengingat akan perjuangan para pahlawan, tetapi juga sebagai manifestasi nyata bahwa semangat kemerdekaan masih hidup dan berkobar di setiap jantung bangsa.

Editor: Gokli