Dalam Sehari, Tiga Lokasi Berbeda Hangus Terbakar di Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 15-08-2023 | 08:04 WIB
AR-BTD-7002-Kebakaran-TPI.jpg
Salah satu titik api yang dipadamkan oleh Damkar Kota Tanjungpinang. (Foto: Devi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM , Tanjungpinang - Armada Damkar Kota Tanjungpinang harus berjibaku menjinakkan kobaran api di tiga tempat berbeda, Senin (14/8/2023) malam.

Tiga tempat yang dilakukan pemadaman di Tanjungpinang itu adalah yakni kebakaran hutan dan lahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ganet. Lalu, di Kuburan Kongsi RT 03 RW 4 Senggarang Darat dan belakang Sop tulang pak Jenggot.

Pada lokasi TPA Ganet, Ketua RT 01/RW 08 Kelurahan Pinang Kencana Nursyaifuddin mengatakan bahwa dirinya mendapat informasi dari warga sekitar pukul 14 :15 Wib namun pada saat itu api sudah membesar.

"Ketika saya dapat info dari warga, saya langsung hubungi pihak Damkar Kota Tanjungpinang. Kemudian Armada Damkar Kota Tanjungpinang tiba di lokasi jam tiga kurang belum di ketahui berapa banyak lahan yang terbakar," jelas Nursyaifuddin.

Ia menambahkan, kebakaran lahan di lokasi ini (TPA Ganet) sejak semalam sudah padam, namun siang tadi api muncul dengan besar karena tiupan angin dan api mengarah ke rumah warga.

Sementara itu, di tempat terpisah Kasi Pemadam Kebakaran Dinas Damkar Kota Tanjungpinang Dery Ambary menjelaskan, pihaknya telah menurunkan semua armada yang ada di pos. "Kalau untuk Pos Senggarang mereka melakukan pemadaman di lokasi Senggarang arah ke Tanjung Sebauk sekitar lepas Maghrib," ungkapnya.

Dery melanjutkan, sedangkan untuk lokasi TPA Ganet terdapat dua regu yakni regu Dompak dan Bintan Centre dan lokasi ketiga dari pos Sukaberenang.

"Setelah dari lokasi ketiga, kami langsung merapat ke TPA Ganet karena di sana kawasannya luas yang terbakar jadi kami malam ini membagi tiga lokasi," ungkapnya.

Masih kata Dery, Kebakaran lahan ini dugaan sementara rata-rata pembukaan lahan dan pembakaran sampah namun ditinggal tidak di tungguin.

"Kalau di lokasi TPA, itu sudah dari semalam sudah padam, tapi merebak lagi sampai di bawahnya itu yang kita jaga saat ini sehingga jangan sampai masuk ke TPA karena lebih berbahaya banyak tumbuhan sampah di situ," pungkasnya.

Hingga berita ini ditulis, pihak Armada Damkar Kota Tanjungpinang bersama Bhabinkantibmas Kelurahan Pinang Kencana dan masyarakat setempat sedang berjibaku padamkan kobaran api di lokasi TPA Ganet yang semakin membesar.

Editor: Dardani