Meriahkan HUT RI ke-78, Walikota Tanjungpinang Lepas Gerak Jalan Proklamasi
Oleh : Devi Handani
Minggu | 13-08-2023 | 17:32 WIB
gerakan_kemerdekaan_pinang.jpg
Gerak Jalan Proklamasi memperingati HUT Kemerdekaan ke-78 di Kota Tanjungpinang (Foto: Devi Handani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gerak Jalan Proklamasi banyak diikuti ratusan peserta dimulai sejak pagi dari start Terminal Sei Carang pukul 06:30 WIB hingga selesai selama dua hari Sabtu dan Minggu (12-13 Agustus 2023).

Tampak di lapangan, masyarakat Tanjungpinang sangat antusias menyaksikan Gerak Jalan Proklamasi 8 Km yang di lepas langsung Walikota Tanjungpinang Hj Rahma.

Untuk Gerak Jalan Proklamasi 8 Km ini rute yang dilalui para peserta yakni start (Terminal Sei Carang)-Simpang Pasar Bestari Belok Kiri-Simpang Polsek Tanjungpinang Timur belok Kiri-Simpang Kedai Kopi Batu 10 belok Kanan.

Simpang Lampu Merah Batu 10-Simpang Lampu Merah Lotus Lurus-Simpang Melayu Kota Piring Belok Kiri-Simpang Adipura Km 6 Belok Kiri-Jl Ahmad Yani-Bundaran Pamedan Lurus-U turn depan SMPN 4 Tanjungpinang dan finish pintu masuk Pamedan depan Kantor Samsat.

Sedangkan Gerak Jalan Proklamasi 17 Km rute yang dilalui yaitu Start Terminal Sei Carang-Simpang Pasar Bestari Belok Kiri-Simpang Polsek Tanjungpinang Timur Belok Kiri-Simpang Kedai Kopi Batu 10 Belok Kanan - Simpang Lampu Merah Batu 10 - Simpang Lampu Merah Lotus

Simpang Melayu Kota Piring Belok Kiri -Simpang Adipura Km 6 lurus-Jl Gatot Subroto-Jl MT Haryono-Jl Brigjen Katamso - Simpang Pancur Belok Kiri-Jl Ir Juanda (Pancur)-Simpang Pasar Raya 21 Belok Kiri-Jl Ir Sutami ( Simpang SDN 02 Bukit Bestari) Belok Kanan-Jl Engku Putri

Bundaran Bappeda Belok Kanan-Jl Basuki Rahmat (Via Bawah Flyover)-Jl Wiratno Belok Kiri-Jl Yos Sudarso -Jl Usman Harun Belok Kiri - Jl Agus Salim - Jl Hang Tuah dan finish Melayu Square.

Dari rute Gerak Jalan Proklamasi Kota Tanjungpinang ini sepanjang ruas jalan, Masyarakat Tanjungpinang memadati dan menyaksikan para peserta tampil dari berbagai kalangan.

Walikota Tanjungpinang Hj Rahma mengatakan antusiasnya masyarakat menyaksikan Gerak Jalan Proklamasi 8 Km dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan Republik ke 78 tahun 2023.

"Sebagi Pemerintah tentu kita menyiapkan wadahnya dan momen ini kita lakukan satu kali dalam setahun. Mudah-mudahan yang ikut ini (Gerak Jalan Proklamasi, red) makin cinta dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia selain itu juga bisa menjadi sehat serta bisa kompak dan meningkatkan kebersamaan," jelas Walikota Tanjungpinang Hj Rahma, Minggu (13/08/2023).

Ia berharap kepada para peserta Gerak Jalan Proklamasi tersebut bisa mendapatkan juara pada Gerak Jalan Proklamasi yang telah ditetapkan dari Dinas Pemuda Olahraga Tanjungpinang.

"Tentunya dari ratusan peserta Gerak Jalan Proklamasi ini ada yang meriah sebagai pemenang lomba," lanjut Rahma.

Pada kesempatan yang sama Kadispora Tanjungpinang Efendi menjelaskan jumlah peserta Gerak Jalan Proklamasi yang terdaftar lebih kurang 200 peserta namun ada yang mengundurkan diri sehingga pada saat pelepasan sekitar 170 an.

"Jadi total keseluruhan tahun kemarin sekitar 400 an peserta pada tahun ini 500 an keseluruhan. Untuk hadiah yang dipersiapkan berupa uang tunai dengan jumlah Rp114 Juta setiap kategori itu ada juara 1 sampai 4 ditambah lagi juara favorit per Km," pungkas Efendi.

Editor: Surya