Sambut Hari Bhayangkara ke-77, Polresta Tanjungpinang Upacara Ziarah di TMP Pusara Bhakti
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 27-06-2023 | 11:44 WIB
upacara_tabur-bunga-polres-tpi-01.jpg
Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77, Polresta Tanjungpinang menggelar upacara ziarah di TMP Pusara Bhakti dan upacara tabur bunga di Pelantar 1 Tanjungpinang, Selasa (27/06/2023). (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77, Polresta Tanjungpinang menggelar upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti Tanjungpinang, Selasa (27/06/2023).

Upacara dengan tema 'Polri Presisi untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju' ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjasa bagi bangsa dan negara.

Upacara ziarah ini dipimpin langsung oleh Kapolresta Tanjungpinang Kombespol H. Ompusunggu. Rangkaian kegiatan dimulai dengan persiapan yang dilakukan oleh seluruh peserta upacara, Wakapolresta Tanjungpinang AKBP Arief Robby Rahman, PJU Polresta Tanjungpinang dan Bhayangkari Polresta Tanjungpinang hadir dalam upacara tersebut.

Selanjutnya, komandan upacara memasuki lapangan upacara, diikuti dengan laporan perwira upacara. Kemudian, pimpinan ziarah dan rombongan memasuki lapangan upacara untuk menghormati arwah pahlawan. Suasana hening tercipta ketika seluruh peserta upacara mengheningkan cipta sebagai bentuk penghormatan.

Setelah itu, dilakukan peletakan karangan bunga sebagai tanda penghormatan kepada para pahlawan. Doa kemudian dibacakan untuk mendoakan arwah pahlawan yang telah berjuang demi bangsa dan negara. Penghormatan terakhir diberikan sebagai penghormatan yang tulus dan ikhlas kepada arwah pahlawan yang telah berkorban untuk bangsa dan negara.

Setelah selesai rangkaian upacara ziarah, Kapolresta Tanjungpinang melanjutkan dengan upacara tabur bunga di Pelantar 1 Tanjungpinang. Rangkaian kegiatan upacara tabur bunga dimulai pukul 08.15 Wib. Wakapolresta Tanjungpinang, PJU Polresta Tanjungpinang, dan Bhayangkari Polresta Tanjungpinang hadir dalam upacara tersebut.

"Upaca tabur bunga dilakukan sebagai ungkapan penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan. Penghormatan terakhir diberikan dengan penuh rasa hormat kepada arwah pahlawan yang telah berjasa," ujar Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol H. Ompusunggu.

Rangkaian upacara selesai dengan baik dan aman terkendali. Dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-77 ini, Polresta Tanjungpinang mengingatkan arti pentingnya pengabdian dan pengorbanan para pahlawan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Semoga semangat dan dedikasi para pahlawan terus menginspirasi generasi masa depan untuk membangun bangsa yang lebih baik," ujar Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol H. Ompusunggu.

Editor: Gokli