Apel Satkamling 2023

Kapolresta Tanjungpinang Tekankan Pentingya Peran Siskamling Jaga Keamanan Lingkungan
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 21-06-2023 | 16:36 WIB
sitkamling1.jpg
Apel Satuan Keamanan Lingkungan (SATKAMLING) Tingkat Kota Tanjungpinang, Rabu (21/6/2023) pukul 08.30 Wib. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polresta Tanjungpinang gelar kegiatan Apel Satuan Keamanan Lingkungan (SATKAMLING) Tingkat Kota Tanjungpinang, Rabu (21/6/2023) pukul 08.30 Wib.

Dalam amanatnya, Kapolresta Tanjungpinang menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Korbinmas Baharkam Polri dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Apel Satkamling ini.

"Bahwa apel tersebut merupakan salah satu upaya Polri dalam mempercepat revitalisasi Satkamling dan meningkatkan peran Satkamling dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa," jelasnya.

Kapolresta Tanjungpinang juga menekankan pentingnya solidaritas warga dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta berpesan agar Satkamling senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya.

Satkamling memiliki peran sentral dalam menjaga kamtibmas, terutama menjelang agenda nasional seperti Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

"Selanjutnya, kami mengajak seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan upaya revitalisasi Satkamling dengan mengaktifkan dan memberdayakan kembali Satkamling yang ada serta membentuk Satkamling baru sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan Awak Satkamling melalui pelatihan-pelatihan, seperti penjagaan dan patroli lingkungan serta penyelesaian masalah warga," ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kepada Awak Satkamling untuk selalu menjunjung tinggi nilai, norma, dan etika dalam melaksanakan tugas, karena kehadiran Satkamling merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat," harapnya.

Dengan digelarnya Apel Satuan Keamanan Lingkungan (SATKAMLING) Tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2023 ini, diharapkan semangat dan peran aktif Satkamling dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dapat semakin ditingkatkan.

"Seluruh warga masyarakat diharapkan dapat bersinergi dengan Satkamling dan berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan demi kenyamanan bersama," tutup Kapolresta Tanjungpinang.

Upacara tersebut dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang Endang Abdullah, Waka Polresta Tanjungpinang AKBP Arief Robby Rachman, Kasatpol PP Kota Tanjungpinang, Kabid Linmas Nanang Heri Kiswanto, PJU Polresta Tanjungpinang dan para Camat/Lurah se-Kota Tanjungpinang.

Editor: Yudha