Polresta Tanjungpinang dan BNN Tes Urine Kru Kapal dan Penumpang di Pelabuhan SBP
Oleh : Devi Handiani
Senin | 17-04-2023 | 16:57 WIB
AR-2023-330-Polresta-Tanjungpinang.jpg
test urine kru kapal dan penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polresta Tanjungpinang melalui Kapolsek Kawasan Pelabuhan bersama dengan BNN kota Tanjungpinang menggelar test urine kru kapal dan penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), Senin (17/4/2023).

Pemeriksaan urine dilakukan terhadap 20 orang yaitu kapten kapal pelayaran, kru kapal pelayaran, penumpang keberangkatan dan kedatangan. Dengan hasil negatif tidak ditemukan dugaan penggunaan atau konsumsi narkoba.

Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol. H. Ompusunggu, menyampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan urin ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa para pengendali sarana angkutan laut terbebas dari narkoba. Yang mana pada perayaan Idul Fitri 1444 H di Kota Tanjungpinang diprediksi terjadi peningkatan penumpang pengguna sarana angkutan laut.

"Untuk itu perlu dipastikan keamanan dan keselamatan para penumpang. Salah satunya dengan melaksanakan pemeriksaan urin untuk mendeteksi penggunaan narkoba bagi para pengendali sarana angkutan yang dapat membahayakan jalannya transportasi. Karena dapat mengganggu konsentrasi dan merusak kesehatan para pengendali sarana angkutan," kata Kapolresta Tanjungpinang.

Sementara itu Kepala BNN Kota Tanjungpinang, AKBP Heryana saat dikonfirmasi mengatakan hasil dari pengecekan urine di Pelabuhan Sri Bintang Pura dinyatakan Negatif semuanya.

"Hasil test urine nya semua negatif dan tujuan dari pengecekan ini untuk memastikan bahwa seluruh ABK kapal very dalam keadaan sehat dan tidak ada ketergantungan Narkotika," pungkasnya.

Pengecekan urin dihadiri Kapolsek Kawasan Pelabuhan AKP Zubaiedah, Kasat Narkoba Polresta Tanjungpinang AKP Efendi, Pelaksana P2M BNN Kota Tanjungpinang Susi, Kaur Bin Ops Sat Narkoba Polresta Tanjungpinang IPDA Liber Sirait, Personil Polsek Kawasan Pelabuhan, Personil Sat Narkoba Polresta Tanjungpinang.

Editor: Yudha