Pemko Tanjungpinang Buka Pendaftaran Pawai Takbiran Keliling Idul Fitri 2023
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 12-04-2023 | 17:16 WIB
pawai-takbiran-tpi2.jpg
Pawai Takbiran Idul Fitri tahun 2019 di Kota Tanjungpinang. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Mendekati akhir bulan puasa atau H-9 Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang akan mengadakan pawai takbiran keliling untuk memeriahkan malam Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kabag Kesra Pemko Tajungpinang Riawati menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan kupon BBM untuk 100 pendaftaran pertama dan pawai takbir keliling tahun ini akan diperlombakan dengan hadiah total Rp 10 Juta.

"Untuk pendaftaran sudah mulai dibuka hari ini dan akan ditutup pada 18 April mendatang. Formulir pendaftaran dapat diambil ke sekretariat panitia di Bagian Kesra, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang," ujar Riawati, Rabu (12/4/2023).

Selanjutnya, Riawati juga mengimbau kepada warga yang ingin mendaftar untuk segera datang ke Sekretariat Bagian Kesra.

"Jadi bagi masyarakat, mari berlomba-lomba untuk segera mendaftar, kita sediakan dalam bentuk kupon untuk BBM 10 liter," ucapnya.

Tahun ini ada dua kategori peserta pawai takbir, pertama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kedua kategori umum. Pihaknya, lanjut Riawati, hanya akan memperlombakan untuk kategori umum, sedangkan kategori OPD hanya memeriahkan saja.

Ia menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan setiap peserta diantaranya adalah kendaraan yang digunakan boleh pick up atau lori dengan ketentuan peserta dalam pick up 5 hingga 7 orang di luar sopir, sedangkan lori berjumlah 11 orang.

Selain itu, dia menjelaskan kriteria penilaian diantaranya kreasi miniatur kendaraan pawai, gema takbir dan kekompakan dalam takbir, keseragaman busana, Kemudian adab, etika dan disiplin dalam pawai, serta kelajuan kendaraan.

"Untuk juri dari kantor Kementerian Agama Tanjungpinang dan tokoh agama yang sudah kompeten di bidangnya," ucapnya.

Adapun rute pawai takbir keliling start Terminal Sei Carang, Lotus Jalan D.I. Panjaitan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Basuki Rahmat, Fly Over, U-Turn, Jalan Wiratno, Jalan Yos Sudarso, Jalan Usman Harun, Jalan Agus Salim, Jalan Hang Tuah dan finish di Gedung Daerah.

Editor: Yudha