Pemukulan Kompang Tandai Pembukaan STQH Ke XVII Tingkat Kota Tanjungpinang 2023
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 14-03-2023 | 08:04 WIB
A-MTQ-PINANG-KOMPANG_jpg2.jpg
Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina dan Walikota Tanjungpinang Hj Rahma memukul kompang menandai dimulainya STQH Ke XVII Tingkat Kota Tanjungpinang 2023. (Foto: Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ratusan masyarakat Tanjungpinang menghadiri pembukaan Seleksi Tilawah Quran dan Hadist (STQH) ke XVII tingkat Kota Tanjungpinang 2023 di halaman Terminal Bintan Centre, Senin (13/03/2023) malam.

Sebelumnya, pada pagi harinya pelaksanaan STQH ke XVII diawali dengan pawai taaruf STQH ke XVII yang diikuti oleh seluruh peserta dari 4 Kecamatan se Kota Tanjungpinang. Mereka start dari Gerbang Lotus Bintan Center belok kiri jalan raya DI Panjaitan Km 9 menuju Pos Polisi Km 10 dan finish di Terminal Bintan Centre.

Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim STQH ke XVII tingkat Kota Tanjungpinang di Aula Kantor Dinas Sosial Kota Tanjungpinang.

Dalam pembukaan STQH ke XVII tingkat Kota Tanjungpinang Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina hadir didampingi oleh Walikota Tanjungpinang Hj Rahma serta jajaran Forkompinda Provinsi Kepri maupun Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang Hj Rahma mengatakan, STQH ke XVII merupakan agenda rutin tahunan dalam mencari bibit generasi Qurani yang akan dipersiapkan dalam STQH ke X tingkat Provinsi Kepri mendatang.

"STQH tingkat Provinsi ke X akan dilaksanakan pada tanggal 9-14 Mei 2023 di Tanjung Balai Karimun. Saya atas nama Pemko Tanjungpinang mengucapkan terima kasih dan mendukung atas terlaksananya STQH tingkat Kota Tanjungpinang," jelas Walikota Tanjungpinang Hj Rahma.

Walikota Tanjungpinang Hj Rahma mengajak untuk terus saling bahu membahu dalam pembangunan Kota Tanjungpinang ke arah yang lebih baik sesuai dengan isi kandungan Al Quran.

"Melalui momentum STQH ini saya mengajak bahu membahu membangun Kota Tanjungpinang kearah yang lebih baik dalam kandungan Al Quran sesuai dengan tema melalui STQH 2023kita gali potensi minat dan bakat menuju generasi yang berprestasi. Al Qur'an sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupan yang tak pernah habis untuk menggali semua ilmu pengetahuan," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina mengatakan, Pemprov Kepri telah melakukan rapat bersama untuk persiapan STQH tingkat Provinsi Kepri di Tanjung Balai Karimun nantinya

"Alhamdulillah untuk tingkat Provinsi Kepri kami sudah rapat bersama dan kedepan bisa terlaksana di Tanjung Balai Karimun mudah-mudahan Tanjungpinang bisa menjadi juara umum," ujar Marlin Agustina yang merupakan Ketua LPTQ Provinsi Kepri.

Marlin Agustina melanjutkan, walaupun Provinsi Kepri berada pada tingkat 7 secara nasional menandakan potensi anak anak di daerah Provinsi Kepri jika dilakukan dengan pelatihan dan bimbingan maka bisa meraih juara umum pada tingkat nasional yang akan datang.

"Walaupun kita Provinsi Kepri peringkat ke 7 tingkat nasional ini menandakan potensi anak daerah Provinsi Kepri kalau memberikan pelatihan maka Insyaallah Kepri bisa menjadi juara umum tingkat nasional. STQH tingkat nasional akan digelar di Provinsi Jambi bulan Oktober mendatang. Maka perlu persiapan dalam mengikuti STQH tingkat nasional dari anak anak daerah dilakukan persiapan persiapan secara maksimal," terang Marlin Agustina.

Pembukaan STQH tingkat Kota Tanjungpinang ke XVII dilanjutkan dengan pemukulan kompang oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau dan Walikota Tanjungpinang bersama seluruh jajaran Forkompinda yang hadir.

Editor: Dardani