Ekonomi Masyarakat Tanjungpinang Berangsur Pulih
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 09-03-2023 | 10:44 WIB
rahma-UMKM.jpg
Wali Kota Rahma saat meninjau salah satu stand UMKM dalam Bazar Imlek di Jalan Merdeka, Kota Lama Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. (Foto: Devi Handiani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemulihan ekonomi masyarakat lewat Program UKM/UMKM yang diterapkan Pemko Tanjungpinang, berbuah manis. Sebab, secara bertahap ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk dua tahun belakangan akibat diterpa pandemi Covid-19, mulai pulih.

Pascapandemi Covid-19, pada tahun 2022 lalu, Pemko Tanjungpinang melalui Baznaz menyalurkan zakat profesi di 58 titik, dengan jumlah bantuan yang disalurkan sebanyak 6.000 paket yang berasal dari dana zakat profesi ASN. Adapun paket yang disalurkan berupa sembako.

Selanjutnya, tepatnya tanggal 20 Desember 2022 lalu, ekonomi kerakyatan sudah mulai berangsur pulih dengan diadakannya Bazar Imlek di Jalan Merdeka Kota Lama Tanjungpinang. Dalam Bazar Imlek ini, sedikitnya 300-an stand UMKM bediri untuk menjajakan berbagai produk kepada para pengunjung.

Selain itu, pada awal tahun 2023, Pemko Tanjungpinang selama 2 hari berturut-turut menyerahkan bantuan usaha bagi Industri Kecil Menengah (IKM) dengan total 635 usaha IKM. Adapun bantuan yang diberikan Pemko Tanjungpinang berupa mesin jahit obras, espreso, grinder, cooper, blender, oven listrik, gerobak dan ampia sesuai dengan klasifikasi usahanya masing-masing.

Berkat adanya bantuan yang disalurkan Pemko Tanjungpinang, perekonomian masyarakat akhirnya berlangsung pulih.

Editor: Gokli