Laznas Yakesma Kepri Serahkan Laporan Kinerja Tahun 2022 Tepat Waktu
Oleh : Redaksi
Kamis | 16-02-2023 | 10:08 WIB
Annual-Report-2022.jpg
LAZNAS YAKESMA Kepri saat menyerahkan Annual Report 2022 kepada Kanwil Kemenag Kepri, Selasa (14/2/2023) dan BAZNAS Kepri, Rabu (15/2/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Kesejahteraan Madani (Laznas Yakesma), sebagai salah satu Laznas di Provinsi Kepulauan Riau, menyerahkan annual report tahun 2022 kepada Kanwil Kemenag Kepri pada Selasa (14/2/2023). Laporan kinerja itu diterima Hj. Halimah, Kasi Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Kepri.

Annual report tahun 2022 juga diserahkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Riau pada Rabu (15/2/2023), yang diterima Ustadz Nanang Rohendi, Waka III Baznas Provinsi Kepulauan Riau.

Annual report merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang telah diraih sebuah lembaga dalam kurun waktu tertentu. Laporan ini berisi data dan informasi akurat mencakup laporan keuangan, prestasi dan kinerja organisasi selama tahun tersebut.

Kepala Cabang Laznas Yakesma Kepri, Daan Sahrizqi Hidayat, menyampaikan, laporan tahunan bertajuk Annual Report 2022 sebagai bentuk laporan kepada instansi, lembaga terkait dan juga kepada masyarakat khususnya para muzakki yang telah memberikan kepercayaan kepada Laznas Yakesma Kepulauan Riau.

"Laporan atas pengelolaan dana yang telah diterima dan tersalurkan dalam tahun 2022 ini antara lain berisikan realisasi program tahun 2022, sebagai tolok ukur pencapaian target program kerja yang sudah terlaksana dan juga sebagai bahan evaluasi serta sarana informasi semua pihak utamanya para donatur yang menyalurkan dana ZIS melalui Laznas Yakesma Kepulauan Riau," ucap Daan Sahrizqi Hidayat, dalam keterangan tertulis.

Ia menambahkan, Laznas Yakesma Kepulauan Riau berkonsentrasi pada lima Program Kebaikan, Bidang Dakwah, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Sosial Kemanusiaan.

"Lima Program Kebaikan ini direalisasikan dalam berbagai kegiatan antara lain beasiswa tahfidz qur'an, pembagian zakat fitrah, honor da'i dan mubaligh, beasiswa yatim dhuafa dan beasiswa mahasiswa tahfidz qur'an. Di samping itu ada juga kegiatan dakwah kepulauan dan berbagi beras berkah, bantuan sosial dhuafa, bantuan bencana alam serta bantuan produktif maupun pemberdayaan," urainya.

Laznas Yakesma Kepri di bawah kepemimpinan Daan Sahrizqi Hidayat, mengusung visi menjadi Menjadi Lembaga Filantropi yang Terpercaya, Profesional, dan Berkontribusi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Sementara Kasi Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Kepri, Hj Halimah, mengapresiasi kiprah dan kinerja Laznas Yakesma Kepulauan Riau dengan berbagai program kerja yang telah dilaksanakan dan dapat bermanfaat bagi mustahik.

"Program-program strategis yang bermanfaat dan langsung bisa dirasakan oleh masyarakat saat ini merupakan kebutuhan. Tata kelola LAZ menjadi lembaga yang profesional dengan transparansi manajemen akan menjadikan LAZ sebagai lembaga berakuntabilitas dan bermanajemen modern," kata Halimah.

Dirinya berharap LAZ yang ada di Provinsi Kepulauan Riau dapat bersama-sama Kementerian Agama dalam mengentaskan kemiskinan menuju kemandirian, menggugah kesadaran berzakat bagi para aghniya' untuk peduli dengan sesama.

Laznas Yakesma Kepulauan Riau merupakan salah satu Laznas di Provinsi Kepulauan Riau yang secara legal formal telah mendapatkan izin operasional berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau nomor 344 tahun 2018.

Ustadz Nanang Rohendi juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pengurus dan jajaran atas partisipasi dan peran Laznas Yakesma Kepri yang telah bekerja bersusah payah untuk membantu mendayagunakan Zakat di Kepulauan Riau.

"Semoga dapat terus menjalin kerjasama yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang. Kepada para relawan, kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, semoga kegiatan yang telah dilaksanakan merupakan ladang ibadah yang mendapat pahala dari Allah SWT. Aamiin," tutup Ustadz Nanang Rohendi.

Editor: Gokli