Pemko Tanjungpinang Adopsi SIMANJA Buatan Diskominfo Kepri
Oleh : Redaksi
Rabu | 08-02-2023 | 10:48 WIB
SIMANJA-Kepri.jpg
Dinas Kominfo Tanjungpinang saat mengunjungi Dinas Kominfo Kepri untuk mengadopsi aplikasi SIMANJA, Senin (6/2/2023). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang kembali mengadopsi aplikasi buatan Dinas Kominfo Provinsi Kepri. Kali ini, aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kinerja (SIMANJA) akan diterapkan di Pemko Tanjungpinang, setelah sebelumnya menerapkan aplikasi Sistem Informasi Aktivitas Presensi (SIAP).

Pembahasan mengenai rencana adopsi aplikasi SIMANJA ini dilakukan Kepala Diskominfo Tanjungpinang, Teguh Susanto bersama jajaran, dalam kunjungannya ke Kantor Diskominfo Kepri, Dompak, Senin (6/2/2023).

Rombongan Diskominfo Tanjungpinang disambut langsung Kadis Kominfo Kepri, Hasan. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua belah pihak tentang berbagi pakai aplikasi yang mengakomodir kinerja pegawai mulai dari harian, bulanan, hingga tahunan tersebut.

Sebagai informasi, SIMANJA merupakan sistem informasi manajemen kinerja berbasis aplikasi yang digunakan untuk penilaian kinerja pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, sebagai bentuk laporan atas evidence kegiatan yang dilakukan pegawai sehari-hari.

Kadis Kominfo Kepri, Hasan, menyebutkan aplikasi SIMANJA merupakan upaya Pemerintah Provinsi Kepri dalam meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja pegawai Pemprov Kepri. "Setelah aplikasi SIAP Kepri yang kita gunakan untuk memantau dan memastikan kehadiran pegawai, kali ini aplikasi SIMANJA yang dipergunakan untuk melihat apa saja kegiatan yang dilakukan oleh pegawai di setiap harinya, ini adalah upaya dalam meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja pegawai di lingkungan Pemprov Kepri," ujar Hasan, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Hasan pun menegaskan, Diskominfo Kepri siap untuk membantu dan berkerjasama dalam teknis pengembangan dan implementasi aplikasi SIMANJA di lingkup Pemko Tanjungpinang. "Tentunya kami akan selalu siap membantu seluruh pihak yang ingin berkerjasama dengan Diskominfo Kepri dalam mewujudkan Kepri lebih baik lagi ke depannya, sehingga sistem pemerintahan berbasis elektronik di Kepri semakin sistematis dan terorganisir," ungkap Hasan.

Sementara itu, Kadis Kominfo Tanjungpinang, Tegus Susanto, menyampaikan Pemko Tanjungpinang ingin kembali mengadopsi aplikasi buatan Diskominfo Kepri tersebut. Hal ini juga sesuai dengan instruksi langsung Wali Kota Tanjungpinang, Rahma yang menginginkan pegawai Pemko memiliki evidence nyata dalam kinerjanya.

"Kami sangat mengharapkan SIMANJA dapat implementasikan di Pemko Tanjungpinang, dengan pemaparan Kadis Kominfo Kepri tadi tentunya kami semakin bersemangat untuk bersinergi. Instruksi Wali Kota (Rahma) kepada saya agar segera dapat menerapkan SIMANJA kepada seluruh pegawai Pemko Tanjungpinang sebagai bentuk bukti nyata terhadap kinerja pegawai," kata Teguh.

Editor: Gokli