Tri Suaka & Nabila Mahari Meriahkan Peringatan Hari BUMDes Nasional 2023 di Bintan
Oleh : Redaksi
Selasa | 31-01-2023 | 11:32 WIB
Hari-BUMDes-2023.jpg
Peringatan Hari BUMDes Nasional 2023 di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri pada 1-3 Februari 2023. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menjadi tuan rumah peringatan Hari BUMDes Nasional 2023, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, telah melakukan berbagai persiapan.

Acara yang dihelat pada 1-3 Februari 2023 di Kabupaten Bintan itu akan dimeriahkan sejumlah penyanyi dan band, di antaranya Tri Suaka & Nabila Maharani; Kiki Lida dan Dermaga Band. Hiburan yang disajikan sebagai daya tarik agar anak-anak muda tergerak untuk hadir.

"Tujuan utama kita adalah untuk mengajak anak-anak millenial di Kepri belajar dari kegiatan ini. Tentunya, selain menonton grup band kesayangan mereka, juga akan melihat produk-produk yang dipamerkan," kata Plt Kepala Dinas PMD Dukcapil Kepri, Misni pada Minggu (29/1/2023), demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Memang peringatan Hari BUMDes baru akan dilaksanakan pertama kalinya di tahun 2023 ini sesuai dengan Keputusan Menteri Desa PDTT nomor 110 tahun 2022 yang menetapkan Hari BUMDes jatuh pada 2 Februari setiap tahunnya.

Menurut Misni, pertimbangan Kemendes PDTT dalam menunjuk Kepri sebagai tuan rumah adalah karena Provinsi Kepri memiliki potensi yang sangat mendukung, seperti berbatasan langsung dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia.

Kegiatan ini, kata Misni, akan menjadi kesempatan untuk pemasaran terkait dengan hasil-hasil desa melalui BUMDes. Dan, dengan status Kepri yang menjadi salah satu daerah destinasi wisata mancanegara utama, maka ini diharapkan Kemendes PDTT dapat menjadi jembatan promosi bagi produk-produk desa nantinya.

Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar juga telah dikonfirmasi akan hadir langsung. Kemudian Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga direncanakan turut hadir.

Misni menambahkan, acara akan dibuka pada Rabu (01/02/2023) dengan Sarasehan atau Simposium yang akan dihadiri lebih kurang 1.000 orang. Sedangkan peserta yang mendaftar hingga Jumat melalui link Kemendes PDTT sudah sebanyak lebih dari 400.

"Peserta nantinya terdiri dari Dinas PMD Provinsi se-Indonesia, Dinas PMD Kabupaten/Kota se-Indonesia, pendamping desa, perwakilan BUMDes dan Kepala Daerah yang meraih penghargaan," kata Misni.

Sementara itu, agenda lainnya yang akan digelar pada 1 Februari antara lain penyerahan NIB, penyerahan penghargaan program CSR, dan pembukaan bazaar serta pasar murah. Sedangkan hari kedua pada 2 Februari akan diawali dengan senam dan jalan sehat.

Kemudian dilanjutkan dengan peresmian Hari Padat Karya Tunai Desa, dan malam puncak peringatan Hari BUMDes 2023 yang akan diisi dengan penyerahan penghargaan BUMDes Inspiratif, Duta BUMDes, dan Penyusunan Profil BUMDes.

Ada pula penghargaan kepada Pimpinan Daerah dengan kategori Kerja Keras Mendorong Pembentukan BUMDes Bersama eks UPK PNPM-MPd. Sedangkan hari terakhir di tanggal 3 Februari akan diisi dengan penutup bazaar yang akan diisi dengan pengumuman hasil lomba bazaar dan penyerahan hadiah.

Editor: Gokli