Peringati HUT ke-42, Satpam Dituntut Profesional dan Ikut Serta Jaga Kamtibmas
Oleh : Devi Handiani
Senin | 30-01-2023 | 11:16 WIB
HUT-Satpam-TPI.jpg
Upacara peringatan HUT Satpam ke-42 di Halaman Mapolresta Tanjungpinang, Senin (30/1/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ratusan Satpam mengikuti upacara yang digelar di Halaman Mapolresta Tanjungpinang, Senin (30/1/2023). Upacara yang dipimpin Wakapolresta Tanjungpinang, AKBP Arif Robby Rahman, dalam rangka memperingati HUT Satpam ke-42 tahun 2023.

Satpam merupakan satuan atau kelompok profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas non yustisial yang dibentuk melalui perekrutan oleh badan usaha jasa pengamanan (BUJP) atau pengguna jasa Satpam, untuk melaksanakan pengamanan dalam menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya, keamanan masyarakat dan sudah memperoleh pengukuhan dari Polri.

Wakapolresta Tanjungpinang, dalam amanatnya menjelaskan kegiatan ini merupakan atensi bersama bahwa Satpam selama ini merupakan mitra strategis dari kepolisian dalam menjaga Kamtibnas. "Tentunya dengan HUT ke-42, mereka (Satpam) semakin dewasa, matang dan bisa membantu tugas-tugas Polri di lapangan," jelas AKBP Arif Robby Rahman.

Ia berharap, Satpam dan Polri serta elemen masyarakat lainnya, dapat semakin bersinergi dalam menjaga Kamtibmas terutama memasuki tahun politik yang butuhkan stabilitas keamanan secara nasional.

"Untuk sementara dalam amanat seragam Satpam masih mengikuti yang ada. Tentunya makin sinergi dalam rangka menjaga Kamtibmas. Ini sangat penting untuk menjaga stabilitas keamanan secara nasional," pungkasnya.

Editor: Gokli