BNI Sosialisasi Penggunaan Transaksi Non Tunai di Lapas Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 12-07-2022 | 16:31 WIB
tapcash-lapas-tpi1.jpg
Sosialisasi Penggunaan Transaksi Non Tunai di Lapas Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Lapas Kelas IIA Tanjungpinang bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Kota Tanjungpinang mensosialisasikan penggunaan transaksi non tunai (tapcash) kepada warga binaan pemasyarakatan di lapangan blok hunian Lapas, Selasa (12/7/2022).

Kalapas Tanjungpinang, Wahyu Hidayat mengatakan, dengan penerapan transaksi non tunai terhadap warga binaan, maka akan mencegah peredaran uang secara fisik di Lapas yang berimbas pada tidak ada lagi potensi penyalahgunaan uang tunai termasuk mencegah terjadinya pungutan liar.

"Selain meminimalisir peredaran uang tunai, hal ini akan sangat mendukung Program WBK yang terus menerus ingin dijadikan suatu prioritas bagi Lapas Kelas IIA Tanjungpinang yang bersih dari pungli dan narkoba," ujar Wahyu Hidayat.

Perwakilan dari Bank BNI, Yuliana sebagai Analis Penjualan menjelaskan fungsi dan tujuan penggunaan Kartu TapCash BNI, termasuk simulasi teknis pemanfaatan uang elektronik di lapas. Namun pelaksanaannya perlu koordinasi dan persiapan lebih lanjut, baik sosialisasi lanjutan kepada WBP maupun koperasi dan kantin lapas.

Selain sosialisasi kartu TapCash BNI, pihak BNI juga memberikan dukungan kepada Lapas Kelas IIA Tanjungpinang dalam pembinaan dan mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

"Terima kasih kepada pihak BNI yang telah membantu program pembinaan di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang," puji Kalapas.

Editor: Yudha