Peringati HANI 2022, Presiden Jokowi: Tutup Semua Celah Peredaran Narkotika
Oleh : Devi Handiani
Senin | 27-06-2022 | 13:32 WIB
HANI-2022.jpg
Presiden RI, Joko Widodo saat menyampaikan pengarahan pada Peringatan HANI 2022 secara virtual, Senin (27/6/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Riau memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022 di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Senin ( 27/06/2022 ) pagi.

Peringatan HANI tersebut digelar secara online yang terhubung langsung dengan BNN RI yang diikuti oleh seluruh Kepala Daerah dan BNN se-Indonesia.

Selain memperingati HANI tahun 2022 secara daring bersama BNN RI, disejalankan Launching Desa/Kelurahan Bersinar serta pengukuhan Ibu Penggerak IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat).

Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan, seluruh komponen bangsa harus bergerak melindungi generasi bangsa anak-anak dari jaringan sindikat pengedar narkoba memberikan edukasi atas dampak kesehatan dan implikasi hukum dan melakukan pencegahan pemberantasan dan rehabilitasi.

"Saya mengajak seluruh masyarakat, seluruh elemen bangsa untuk menjadikan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun ini untuk meneguhkan komitmen menguatkan tekad dan kerja sama melakukan upaya-upaya yang tidak pernah surut membebaskan anak-anak bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkoba," kata Presiden Jokowi.

Sebagai penggerak utama penanggulangan narkoba, lanjut Jokowi, BNN harus bekerja secara jujur dan akuntabel. "Saya tidak mentoleransi tidak mentolerir aparat BNN yang menyalahgunakan kewenangannya. BNN harus terus melakukan upaya-upaya penguatan pencegahan dan pemberantasan tutup semua celah yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba siapkan strategi dan aksi untuk mencegah berkembangnya modus operan di pelaku kegiatan narkoba," tegas Presiden Jokowi.

"Saya minta BNN agar lebih antisipatif terhadap perkembangan terbaru antisipatif terhadap modus-modus baru para pelaku kriminal termasuk dalam pemanfaatan teknologi terbaru tingkatkan kemampuan SDM untuk menghadapi tantangan-tantangan baru dan selain itu utamakan layanan rehabilitasi tingkatkan aksesbilitas dan akses stabilitas yang menjangkau hingga di tingkat Desa sehingga masyarakat mendapatkan layanan rehabilitasi lebih mudah lebih terjangkau dan berkualitas dengan bekerja keras kita semua saya yakin pemberantasan narkoba bisa kita lakukan secara efektif untuk melindungi masa depan bangsa," pungkas Jokowi.

Editor: Gokli