BMKG Prediksi Terjadi Hujan Ringan di Tanjungpinang dan Bintan Beberapa Hari ke Depan
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 02-06-2022 | 16:52 WIB
hujan-ringan-tpi1.jpg
Hujan di wilayah Tanjungpinang. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam beberapa hari ke depan kondisi cuaca di wilayah Tanjungpinang dan Bintan diperkirakan akan mengalami hujan ringan disertai petir.

Hal ini terjadi disebabkan terdapat daerah tekanan rendah di Pulau Jawa sehingga mempengaruhi pergerakan angin yang membawa awan hujan menjadi ke wilayah Pulau Jawa.

Khalid, Prakirawan BMKG Tanjungpinang menuturkan kondisi cuaca satu minggu ke depan bakal berawan namun tidak menutup kemungkinan potensi hujan dengan intensitas ringan - sedang yang disertai petir pada pagi - sore hari dapat terjadi yang bersifat lokal.

"Karena memang jika dilihat secara meteorologinya beberapa hari ini sedang terdapat daerah tekanan rendah di wilayah pulau jawa sehingga mempengaruhi adanya pergerakan angin yg membawa awan-awan hujan menjadi ke wilayah pulau jawa. Dan saat ini tekanan rendah tersebut sudah mulai menghilang sehingga pembentukan awan di wilayah Pulau Bintan sudah mulai kembali terjadi," ungkapnya.

Selain itu untuk potensi Gelombang laut masih dalam kategori aman berkisar 0,5 - 1,5 Meter tidak menutup kemungkinan akan meningkat hingga 2,5 meter. Pihaknya berpesan kepada masyarakat agar selalu waspada jika terjadi hujan disertai petir tersebut.

"Kalau untuk gelombang laut masih dalam katagori aman berkisar dari 0,5 - 1,5 meter, namun tidak menutup kemungkinan bila cuaca sedang hujan gelombang bisa meningkat hingga 2,5 meter. Himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada bila sedang terjadi hujan karena dapat berpotensi meningkatkan ketinggian gelombang ataupun dapat terjadi hujan dengan disertai petir dan angin kencang," pungkasnya.

Editor: Yudha