Dewi Ansar Ajak Perempuan Kepri Tularkan Semangat Kartini kepada Kaum Milenial
Oleh : Redaksi
Kamis | 21-04-2022 | 19:48 WIB
dewi-kartini-kepri.jpg
Ketua TP-PKK Kepri, Dewi Kumalasari Ansar saat mendampingi Gubernur Ansar Ahmad memberikan penghargaan kepada 7 Kartini Kepri, sampena peringatan Hari Kartini ke-144 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kamis (21/4/2022). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua TP PKK Kepri, Hj Dewi Kumalasari Ansar secara langsung ikut mendampingi Gubernur H Ansar Ahmad menghadiri peringatan Hari Kartini ke-144 tingkat Provinsi Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kamis (21/4/2022).

Acara yang disejalankan dengan pemberian penghargaan kepada Perempuan Berjasa dan Berprestasi tingkat Provinsi Kepri tahun 2022 ini diharapkan kembali mengingatkan peran R A Kartini sebagai pejuang kaum perempuan.

Dewi Ansar mengatakan, R A Kartini dikenal sebagai Pahlawan Nasional yang memperjuangkan hak-hak kaum perempuan. "Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau dikenal sebagai R A Kartini salah satu pejuang emansipasi wanita yang berupaya mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan," ungkap Dewi Ansar, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Lanjut Dewi Ansar, dengan peringatan hari Kartini ini juga menjadi pengingat bagi seluruh kaum perempuan kn sosok Kartini yang tak hanya kaum perempuan yang hanya berdiam di rumah, mengurus suami dan anak.

"Namun, perempuan Indonesia bisa menjadi apa pun dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Kartini sebagai pejuang emansipasi kaum perempuan. Jasanya membuat para perempuan Indonesia kini bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, berpartisipasi dalam kursi pemerintahan, atau bekerja dengan profesi tinggi dan kedudukannya setara dengan laki-laki," imbuh Dewi Ansar.

Untuk itu, Dewi Ansar mengatakan, sebagai penghormatan serta mengingat perjuangan serta jasa Kartini, pemerintah kemudian menetapkan Hari Kartini setiap 21 April. "Peringatan Hari Kartini akan jatuh pada tanggal 21 April. Ini menjadi momentum untuk mengenang dan menghormati perjuangan Raden Ajeng Kartini sebagai sosok yang berjasa," tegas Dewi Ansar.

Masih kata Dewi Ansar, Hari Kartini mulai diselenggarakan sejak ditetapkan pada masa pemerintahan Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 108 tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964.

"Keputusan tersebut bersamaan dengan ditetapkannya Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, pemilihan 21 April sebagai Hari Kartini juga karena tanggal tersebut adalah hari kelahiran Kartini, yang jatuh pada 21 April 1879," jelas Dewi Ansar.

Dalam kesempatan ini, Dewi Ansar juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perwakilan Kartini-Kartini yang Berasal dari Bidang Pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya, Lingkungan dan Pertanian dari Semua Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau.

Ia mengatakan mereka semua ini adalah Kartini di era modern yang dapat memberikan berbagai prestasi yang membanggakan, meneruskan semangat Kartini di masa ini. "Semangat yang dimiliki Kartini harus kita tularkan kepada kaum-kaum muda dan ibu-ibu yang berada di semua kabupaten/kota se Provinsi Kepulauan Riau," tutup Dewi Ansar.

Editor: Gokli