Sejumlah Elemen Masyarakat Antusias Ikuti Binkom Pencegahan Dini AGHT di Kodim 0315 Bintan
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 12-04-2022 | 11:16 WIB
binkom_aght-makodim-bintan-001122.jpg
Binkom ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) di Makodim 0315/Bintan, Tanjungpinang, Senin (11/04/2022). (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sejumlah elemen masyarakat mengikuti pembinaan komunikasi (Binkom) ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) di Makodim 0315/Bintan, Tanjungpinang, Senin (11/04/2022).

Tujuan kegiatan ini merupakan upaya sedini mungkin untuk mencegah terjadinya konflik sosial, di mana hingga kini masih terus terjadi, salah satunya terkait dengan kelangkaan minyak goreng dan lainnya.

Kegiatan ini bertemakan 'sinergitas komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial'.

Ketua Tim Binkom Pabandya-1/Renprograr Spaban I/Ren Sintelad Letkol Arh Tengku Sony Sonata SE, yang membacakan amanat Asisten Intelijen Staf Angkatan Darat, mengucapkan rasa terima kasih kepada narasumber yang hadir.

Konflik, kata Tengku Sony Sonata, bisa muncul di mana saja kita masih ingat awal pandemi Covid-19 di mana terjadi konflik sosial yakni kelangkaan masker.

"Saat ini pun konflik sosial masih terjadi, di antaranya kelangkaan minyak goreng, dan sebagainya. Oleh karena itu, supaya tidak terjadi konflik sosial stabilitas keamanan tetap terjaga pencegahan konflik dengan upaya kegiatan Binkom ini merupakan upaya preventif, baik ceramah maupun tanya jawab," jelasnya.

Adapun sebagai narasumber yang hadir, antara lain Korwil I Binda Kepri Letkol Caj Yoyon Subiono dan Kepala Badan Kesbangpol Tanjungpinang Drs Huzaifa Dadang AG M Si.

Dalam kesimpulan dari kegiatan tersebut yaitu dengan adanya FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) sebagai mitra kerja yang terdiri dari tokoh masyarakat untuk dapat mencegah dini ATHG yang terjadi di tengah masyarakat.

Editor: Yudha