5 Tahun SMSI Kepri, Eksis Beri Informasi Bermanfaat Bagi Masyarakat
Oleh : Devi Handiani
Senin | 07-03-2022 | 15:36 WIB
HUT-SMSI-Kepri1.jpg
Acara Syukuran HUT ke-5 Tahun SMSI Kepri. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Serikat Media Siber Indonesia ( SMSI ) Provinsi Kepri peringati hari ulang tahun yang ke-5 dengan menggelar acara syukuran di kantor sekretariat SMSI, Jalan Engku Putri Kota Tanjungpinang, Senin (7/3/2022).

Ketua SMSI Cabang Provinsi Kepri Zakmi Piliang mengatakan ada beberapa poin yang saya sampaikan pada hari ini khususnya kepada anggota SMSI bahwa keberadaan SMSI mesti bermanfaat bagi anggotanya bahkan bagi pengurus maupun lingkungan dengan tetap menjalankan fungsi jurnalistik/media sesuai dengan UU No 40 tahun 1999.

"Memang belakangan ini SMSI menghadapi beberapa kendala di tengah pandemic covid-19, tapi media SMSI masih bisa tetap eksis memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat," jelas Zakmi.

Lanjut Zakmi, tercatat Anggota SMSI di Provinsi Kepri saat ini sebanyak 127 perusahaan media dan sudah ada kepengurusan setiap kabupaten-kota, bahkan di Indonesia jumlahnya saat ini sudah mencapai 1.728 perusahaan media. Dalam waktu dekat SMSI akan melaksanakan pelantikan pengurus, Rapat Kerja (Raker) serta sarasehan tentang keberadaan media siber dalam meningkatkan kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan.

"Kemudian kita ingin mengadakan pelatihan kepada SDM Perusahaan, karena perusahaan pers di SMSI mengalami kendala peningkatan SDM baik dari Kompetensi jurnalistik maupun dalam hal hal digitalisasi," pungkasnya.

Sementara, Gubernur Kepri melalui Kadiskominfo Kepri, Hasan mengucapkan selamat atas peringatan HUT SMSI ke-5. Semangat peringatan, diharapkan menjadi pers yang lebih dewasa berperan. Jangan ada lagi pers yang menyajikan berita yang tidak berimbang.

"Semoga, semangat peringatan Hari Jadi SMSI tahun 2022, tahun ini, menjadikan pers yang lebih dewasa dalam segala hal, baik penyajian, keakuratan, proporsional serta menjalankan kaidah kode etik yang benar," kata Hasan.

Masih kata Hasan, seiring kemajuan tekhnologi dan informasi, peran pers juga harus melek perkembangan yang terjadi. Ditengah hiruk pikuk kemajuan, peran pers juga semakin besar dalam menyikapi sesuatu. Oleh karena itu, pers harus benar-benar menjadi corong dalam dinamika kemajuan informasi.

"Untuk perusahaan pers, kita berharap adanya sertifikasi yang jelas yang dikeluarkan lembaga resmi yang diakui negara. Setidaknya, jika SDM wartawannya telah mendapatkan sertifikat uji kompetensi dan perusahaan persnya telah ada sertifikasi dari lembaga resmi, tentu pers akan menjalan profesional di tengah perkembangan tekhnologi saat ini," jelasnya.

Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang melalui Kepala Seksi Pengelolaan, Dodo, ikut sependapat dengan Kadisfominfo Kepri. Menurutnya, peran perusahaan pers selama ini telah menyiapkan Sumber Daya Manusia, khususnya wartawan, secara profesional. Sebagai salah satu mitra pers, Rutan Kelas I Tanjungpinang, telah merasakan sikap profesional wartawan, khususnya yang ada di Tanjungpinang.

"Atas nama Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, kita mengucapkan selamat Hari Jadi SMSI ke-5 tahun 2022. Semoga SMSI menjadi organisasi perusahaan pers yang besar, dan mencetak pers yang profesional di wilayah Kepri," pungkas Dodo.

Editor: Yudha