Peringati Maulid Nabi, Rahma Ajak Teladani Akhlak Rasulullah
Oleh : Asyri
Rabu | 20-10-2021 | 11:16 WIB
maulid-tpi1.jpg
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M Pemko Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M. Kegiatan berlangsung dengan khidmat di Masjid Al Amin Kampung Bulang yang dihadiri Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, unsur Forkopimda, jajaran Pemko Tanjungpinang, juga masyarakat, Selasa (19/10/2021).

Dalam sambutannya, Rahma mengungkapkan rasa syukurnya karena di tengah masa pandemi Covid-19 kembali dapat menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi.

"Alhamdulillah, kita kembali dapat menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi secara bersama. pandemi Covid-19 telah kita alami lebih kurang 2 tahun lamanya dan berkat rahmat Allah SWT kondisi kasus aktif Covid-19 di Kota Tanjungpinang terus melandai, sehingga kita dapat kembali berkegiatan tetapi tetap dengan prokes. kita doakan bersama semoga Kota Tanjungpinang benar-benar terlepas dari pandemi Covid-19," ungkapnya.

Rahma menambahkan, selaras dengan makna maulid yang berarti kelahiran, peringatan Maulid Nabi seharusnya juga dapat menjadi spirit bersama untuk membangun suasana baru.

"Dengan menguatkan komitmen bersama untuk membentuk kesadaran tentang pentingnya nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sosial. kita juga berkewajiban untuk menjadi masyarakat yang tangguh, beriman dan bertaqwa, sebagaimana telah di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW," tambahnya.

Lebih lanjut Rahma menyampaikan, nilai-nilai dan keteladanan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah kiranya dapat terus memperkokoh komitmen bersama dalam membangun masyarakat Kota Tanjungpinang yang semakin maju.

"Oleh karena itu, kita semua sepakat bahwa seluruh nilai dan kemuliaan yang telah diajarkan Nabi Muhammad merupakan pedoman yang baik bagi kita semua, " lanjutnya.

Terakhir, Rahma mengajak umat muslim Kota Tanjungpinang untuk menjadikan peringatan Maulid Nabi sebagai kesempatan untuk bersungguh-sungguh dalam mengamalkan setiap ajaran Rasulullah.

"Marilah kita jadikan peringatan Maulid Nabi ini sebagai titik tolak untuk bersungguh-sungguh dalam mengamalkan setiap ajaran Rasulullah secara menyeluruh, dan mari kita jadikan akhlak Rasulullah sebagai pedoman bagi kita dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. jadikan ajaran dan keteladanan yang memancar dari kehidupan, perjuangan dan kemuliaan Rasulullah sebagai acuan dan inspirasi untuk memperkokoh moral, spiritual dalam kehidupan bermasyarakat terutama untuk membangun Kota Tanjungpinang yang maju dan unggul," tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan tausiyah oleh Ust. DR. Darwis Abu Ubaidah, LC, MA, Pimpinan Dakwah Pusat dari Jakarta. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan bahwa Rasulullah SAW adalah teladan hidup, seluruh aspek kehidupannya merupakan teladan mulai dari cara berjalan, tidur, makan, berkeluarga sampai memimpin perang. Semua perilaku tindakan ucapan dan ketetapan Rasulullah SAW adalah merupakan teladan bagi seluruh umat islam.

Oleh karenanya umat Islam selalu mengenang peristiwa kelahiran Rasulullah SAW. Diantara sekian banyak keteladanan Rasulullah SAW, ia juga mengungkap keteladanan Rasulullah SAW dalam berkomunikasi dengan Allah SWT, beliau selalu melaksanakan ibadah qiyamul lail. Sejak diangkat menjadi Rasulullah, beliau selalu mengerjakan sholat malam.

Editor: Yudha