Dinas PUPR Tanjungpinang Segera Lakukan Perbaikan di 5 Titik Rawan Banjir
Oleh : CR-3
Rabu | 29-09-2021 | 18:16 WIB
titik-banjir-TPI.jpg
Salah satu titik rawan banjir di Kota Tanjungpinang. (CR-3)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Bukan hal baru lagi, saat musim hujan, sejumlah titik di Kota Tanjungpinang jadi langgaran banjir. Acap kali dikeluhkan masyarakat, namun solusi dari persoalan banjir itu belum juga terselesaikan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Tanjungpinang, Zulhidayat mengakui, perosalan banjir ini merupakan pekerjaan rumah (PR) utama mereka, yang sering dikeluhkan masyarakat.

"Ini tugas utama kami yang harus diselesaikan. Tentunya masyarakat juga harus menyadari, masalah banjir ini bukan hal baru, tetapi sudah puluhan tahun," jelas Zulhidayat, Rabu (29/9/2021).

Ia menambahkan, langkah-langkah yang akan dilakukan Dinas PUPR dalam mengatasi masalah banjir, seperti mengidentifikasi pada suatu titik penyebab terjadinya, kemudian menemukan solusi dan anggaran yang dibutuhkan, serta melakukan secara prioritas di titik lokasi yang sering menjadi keluhan masyarakat.

"Tahun ini, kami sudah mengidentifikasi 5 titik, yakni Kawasan Bintan Center, Kawasan Jala Bestari, Kawasan Sungai Pocah, Kawasan Anggrek Merah dan Kampung Kolam. Tetapi yang harus dilakukan sekarang ini bukan mencari kesalahan melainkan bagaimana mencari solusinya. Selain itu, ditemukan adanya sungai yang tidak sampai ke hilir atau putus di tengah jalan tidak sampai ke laut," jelasnya.

Tak kalah penting, kata Zul, penyebab terjadinya banjir banyak dimensi lahan terbuka, bahkan sering menemukan sampah-sampah tidak pada tempatnya, ada di badan air. "Itu sesuatu yang sebenarnya bukan tempatnya seperti itu, namun itulah yang terjadi, nanti dari identifikasi ini kita akan coba memetakan dan simulasikan jika efektif kita akan implementasikan di lapangan," pungkasnya.

Editor: Gokli