Ketangguhan Diuji Pandemi, Indonesia Bakal Tumbuh Jadi Bangsa yang Kuat
Oleh : Redaksi
Rabu | 18-08-2021 | 18:36 WIB
Narsum-TVRI.jpg
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat menjadi narasumber dialog interaktif TVRI, Selasa (17/8/2021). (Humas Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur H Ansar Ahmad menjadi narasumber dalam dialog interaktif langsung dengan TVRI. Dialog interaktif ini menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 yang mengambil tema 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'.

Gubernur Ansar mengikuti dialog tersebut bersama dengan Gubernur Maluku Murad, Ismail yang dipandu oleh presenter TVRI Herdina.

Sehubungan dengan tema peringatan HUT RI tahun ini, Kepulauan Riau dinilai sebagai provinsi yang berhasil menangani pandemi Covid-19 tahun ini. Dengan kondisi geografis yang berbentuk kepulauan, penanganan pandemi di Kepri membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan kompak dengan semua sektor.

"Sekarang Indonesia sedang diuji ketangguhannya sebagai bangsa dengan bencana pandemi ini, dengan melewati pandemi ini, saya yakin Bangsa Indonesia akan tumbuh menjadi sebuah bangsa yang lebih kuat," ujar Gubernur Ansar dari Tanjungpinang, Selasa (17/8/2021), demikian dikutip laman Humas Kepri.

Gubernur Ansar memaknai Merdeka itu sendiri yaitu ketika masyarakat bisa bebas berekspresi dalam berbagai inovasi dan kreasi, serta hidup dengan damai, aman dan sejahtera secara merata.

Sebagai generasi penerus, sudah semestinya kita mengisi hasil perjuangan para pahlawan dengan berbagai kegiatan positif. Kita bangkitkan pemulihan ekonomi, kita bangun infrastruktur, kita bangun SDM yang handal yang siap berkompetisi di era global ini.

"Tujuan akhirnya untuk mewujudkan Kepulauan Riau yang Makmur, Berdaya Saing dan Berbudaya," kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar menceritakan penanganan pandemi di Kepri dilakukan dengan kekompakan antar setiap unsur pemerintahan. Ia memaparkan bagaimana setiap jajaran Forkopimda mempunyai cara masing-masing melakukan vaksinasi kepada masyarakat Kepri.

Memang dalam vaksinasi masyarakat Kepri, ada banyak program yang dirancang oleh Forkopimda Kepri. Seperti Polda Kepri dengan Vaksinasi Menjangkau Pulau-pulau (Nasi Kapau), Danrem 033 dengan vaksinasi mobile Gurindam 12, dan Kejati Kepri dengan pekan vaksinasi lansia.

"Semua ini menjadikan program vaksinasi ini sebagai usaha kolektif kerja sama antara setiap lini pemerintah dan juga semangat gotong royong dari masyarakat Kepri," tutur Gubernur Ansar.

Dengan capaian vaksinasi yang sudah mencapai 70 persen di Kepulauan Riau, Gubernur Ansar optimistis di Oktober nanti seluruh masyarakat target vaksinasi sudah divaksin. Saat ini, dirinya masih terus menggesa untuk vaksinasi tidak hanya kalangan dewasa, tetapi anak-anak juga lansia.

"Dengan vaksinasi tersebut kekebalan komunal akan tercapai, harapannya pandemi ini akan segera berakhir tidak hanya di Kepulauan Riau tetapi juga di seluruh Indonesia," kata Gubernur Ansar.

Editor: Gokli