Dewi Kumalasari Apresiasi Kreativitas TP PKK Lingga
Oleh : Redaksi
Senin | 29-03-2021 | 16:38 WIB
dewi-kumalasari-ansar.jpg
Ketua TP PKK Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga TP PKK Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar akhirnya hadir dalam pengukuhan pengurus TP PKK Lingga periode 2021-2024 secara daring di Gedung Daerah Lingga, Jumat (26/03/2021) sore.

Dalam kesempatan ini, Dewi Kumalasari Ansar menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap TP PKK Lingga.

"Saya sangat takjub mendengar apa yang sudah dilakukan PKK Lingga. Sungguh luar biasa, memanfaatkan lahan dengan menanam buah naga hingga daun sup dan cabe," kata Dewi Ansar saat sambutan usai Bupati Lingga, Muhammad Nizar, seperti dikutip laman Diskominfo Kepri.

Untuk itu, TP PKK Lingga diharap terus bergandengan tangan membantu pemerintah untuk terus hadir di tengah masyarakat.

Istri Gubernur Kepri, Ansar Ahmad ini menyampaikan, keseriusan PKK Lingga telah dibuktikan sebelum resmi dikukuhkan. Sebab, belum lagi dikukuhkan sudah sangat serius bekerja dengan kreatif.

"Memanfaatkan lahan di Gedung Daerah, dan halaman Kantor PKK, tadi saya dengar seksama juga memanfaatkan lahan seluas 2 hektar menanam buah naga. Itu sangat luar biasa sekali lagi saya sampaikan," sebutnya kembali yang langsung disambut gemuruh tepuk tangan.

Dewi mengatakan, sesuai hasil Rakernas, bersama-sama wujudkan sinergitas dan pemulihan ekonomi, serta kesejahteraan keluarga.

"Setiap Pokja dapat membangun koordinasi dan komunikasi ditingkat. Setelah pertemuan ini, kita bisa berkoordinasi dengan PKK pusat, sehingga dapat gambaran, dan kita laksanakan bersama hasil rakernas dengan 10 program kerja dengan peran aktif bersama," kata Dewi.

Ia berharap, Lingga sebagai Bunda Tanah Melayu ini dengan kekayaan alam seperti lautan dan pertaniannya dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Tentu dengan menyusun program secara kreativ dan inovasi terhadap potensi daerah dengan kebutuhan masyarakatnya.

Dewi juga mengingatkan, dalam masa pandemi saat ini, tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yang dilakukan. "Walaupun Lingga dinyatakan Zona Hijau, kami berharap tidak boleh kita abaikan protokol kesehatan. Tetap pakai masker serta patuhi protokol kesehatan," Dewi mengingatkan.

Ia pun berharap kepada semua pengurus dapat bersama bergandeng tangan dengan kekompakan dan keihklasan hati. Karena pada saat melakukan kegiatan dengan ihklas, tentu tidak akan menjadi beban.

"Dengan keringanan langkah kita, PKK yang merupakan mitra pemerintah dapat dirasakan kehadirannya bagi masyarakat," harapnya.

Sementara itu, sambutan Ketua TP PKK Lingga, Maratusoliha M Nizar menyampaikan, akan memanfaatkan sebanyak 2 hektar lahan di Pangkat Darat untuk menanam buah naga dan kombinasi toga.

"Saat ini kami sedang lakukan penyemaian. Kami belum lakukan pembibitan sebab waktu lalu masih masuk kemarau. Untuk konsep kebun naga itu, akan gabungkan dengan konsep pariwisata, sebab di situ ada air mengalir dari Gunung Daik," ujarnya.

Selain itu, di halaman belakang Kantor PKK Lingga juga telah dimanfaatkan untuk menanam cabe dan jahe sebanyak ratusan polibek.

"Kalau di halaman Gedung Daerah kita manfaatkan halaman yang ada dengan menanam daun sup, serta cabe juga. Agar tidak hanya tanaman saja. Apalagi harga cabe lagi mahal juga," ujarnya.

Usai acara pengukuhan, dilanjutkan dengan dialog bersama antara pengurus TP PKK Kepri dengan pengurus TP PKK Kabupaten Lingga.

Editor: Gokli