Bagikan Kartu Pelanggan, Rahma Jamin Ketersediaan Gas Epiji 3 Kg di Tanjungpinang
Oleh : Asyari
Rabu | 17-03-2021 | 10:32 WIB
kartu-elpiji-TPI.jpg
Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma saat membagikan kartu pelanggarn gas elpiji 3 Kg bersubsidi ke masyarakat. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kartu pelanggan LPG 3 Kg Subsidi untuk Rumah Tangga Sasaran (RTS) dan Pelaku Usaha Mikro akan berlaku di seluruh wilayah Tanjungpinang.

Bahkan, Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma kembali berkeliling ke pangkalan untuk menyerahkan kartu pelanggan di wilayah Kelurahan Air Raja, Selasa (16/3/2021).

Di pangkalan milik Sugiono, warga Kampung Banjar Air Ratu, Rahma menyerahkan sebanyak 123 kartu pelanggan untuk RTS dan 12 penerima untuk Usaha Mikro. Kemudian, di Pangkalan Yuli Gas Kampung Banjar Air Raja, sebanyak 51 kartu pelanggan untuk RTS dan 4 penerima untuk Usaha Mikro serta di Pangkalan Jaharuddin Fitri Gas, Perumahan Griya Senggarang sebanyak 229 penerima untuk RTS, 87 untuk Usaha Mikro.

Pemerintah menjamin ketersediaan gas LPG 3 Kg subsidi melalui pihak pangkalan yang terdekat dengan domisili warga. "Kartu pelanggan ini untuk mengantisipasi agar tidak ada lagi kelangkaan gas, masyarakat tidak antre, dan harga tidak bervariasi," jelas Rahma.

Ia menjelaskan, yang berhak membeli gas LPG 3 Kg subsidi hanyalah warga yang namanya sudah terdaftar di pangkalan dan memegang kartu pelanggan. "Jika terdapat warga yang masuk kategori penerima tetapi belum terdaftar, segera lapor ke RT untuk diproses," katanya.

Rahma juga berpesan kepada pemilik pangkalan agar tidak menjual lagi ke eceran atau kepada warga yang mampu. "Kepada pemilik pangkalan jangan dijual kembali ke eceran ataupun ke warga yang mampu. Dan kepada masyarakat yang merasa mampu, jangan membeli yang bukan haknya," tutup Rahma.

Jaharuddin, pemilik pangkalan Jaharuddin Fitri Gas menyetujui atas kebijakan ini, dan penerapan penggunaan kartu pelanggan ini bermanfaat untuk masyarakat dan pangkalan.

"Dengan pemberlakuan kartu pelanggan ini, pangkalan kami bisa fokus melayani masyarakat yang berhak membeli sesuai data yang sudah ada di-logbook. Sehingga tidak ada lagi antrean dan kelangkaan karena stoknya tetap, sesuai dengan jumlah data yang ada di setiap pangkalan," ujarnya.

Selain itu, Erna warga di Pangkalan Jaharuddin Fitri Gas mengaku sangat terbantu dengan adanya kartu pelanggan ini karena selama ini masyarakat sulit mencari gas 3 Kg dengan harga yang sama. "Saya merasa terbantu, karena tidak perlu antre karena takut kehabisan gas, dan harga tidak berubah-ubah," ucapnya.

Saat turun ke pangkalan gas, Rahma didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan, Samsudi; Kasatpol PP, Dr H Ahmad Yani; Kabag Prokompim, Elvi Arianti; Camat Tanjungpinang Timur, H Dody serta Lurah Air Raja, Ibnu Roji.

Editor: Gokli