Pemprov Kepri Bakal Terapkan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik
Oleh : Redaksi
Senin | 15-03-2021 | 18:52 WIB
teken-elektronik.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam waktu dekat, Pemprov Kepri akan menggunakan tanda tangan elektronik. Saat ini implementasi tersebut sedang diujicoba di Dinas Kominfo Kepri.

Ke depan, pejabat bisa menandatangani dokumen dari mana saja. "Saat ini kita sedang ujicoba di Dinas Kominfo untuk pejabat eselon III dan IV. Setelah berhasil, nanti akan kita dorong untuk Pak Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda serta Kepala OPD lain," ujar Drs Zulhendri, Kadis Kominfo Kepri, Jumat (12/3/2021), seperti dikutip laman Diskominfo Kepri.

Dengan tanda tangan elektronik ini, penyelenggaraan pemerintahan di lingkungan Pemprov Kepri akan berjalan lebih efektif dan efisien. Pasalnya, pejabat tidak harus berada di kantor untuk menandatangani dokumen.

"Di manapun berada, Pak Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda atau Kepala OPD bisa tanda tangan. Nanti akan kita sosialisasikan. Tidak perlu lagi tandatangan basah. Lebih efektif dan efisien, juga lebih aman karena data tersimpan dengan tingkat keamanan sangat tinggi," jelas Zulhendri.

Untuk merealisasikan tanda tangan elektronik ini, Dinas Kominfo Kepri bekerjasama dengan Badan Sandi Negara (BSN). Di mana keamanan tanda tangan elektronik ini dilindungi dengan verifikasi sidik jari dan juga kata sandi.

Untuk tahap awal, tanda tangan elektronik ini akan digunakan di Dinas Kominfo Kepri, Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal PTSP.

Editor: Gokli