8 Pasien Sembuh

Covid-19 di Tanjungpinang Kembali Melonjak, Total Kasus Capai 786 Orang
Oleh : Asry
Senin | 23-11-2020 | 10:20 WIB
rahma_serahkan-masker112.jpg
Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma menyerahkan masker untuk dibagikan ke warga dalam pencanangan gerakan sejuta masker di Lapangan Pamedan, Kamis (17/9/2020).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang menyampaikan rilisnya terkait penambahan 27 warga Tanjungpinang yang terkonfirmasi COVID-19, dengan nomor 760-786. Dengan penambahan ini, sehingga total positif Covid-19 di Tanjungpinang mencapai 786 kasus.

"Pada hari Minggu, kami sampaikan penambahan 27 kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 yang merupakan hasil temuan kasus baru, sebagaimana hasil pemeriksaan swab dengan metode RT PCR yang dilakukan di laboratorium BTKLPP Batam. Kasus baru ini terdiri dari 9 laki-laki dan 18 perempuan," terang Rahma dalam rilisnya, Minggu (22/11/2020).

Dinas Kesehatan PP & KB Kota Tanjungpinang melaksanakan tracing (penelusuran) pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien dan tempat beraktifitas lainnya, dan bila memenuhi kriteria kontak erat maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT PCR di di BTKL PP Batam.

Kami menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19 ini. Protokol kesehatan ini harus selalu dilakukan pada saat berinteraksi dengan keluarga yang tinggal satu rumah, keluarga tidak satu rumah ataupun di tempat kerja, sehingga klaster keluarga dan klaster tempat kerja bisa kita cegah bersama-sama.

Adapun protokol kesehatan yang senantiasa harus dilakukan adalah memakai masker, menjaga jarak (tidak bersalaman) dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin.

Selain penambahan pasien positif, Rahma juga menyampaikan kesembuhan 8 orang pasien, setelah menjalani isolasi selama 14 hari.

"Kami sampaikan penambahan 8 kasus COVID-19 yang sudah selesai isolasi (sembuh) di Kota Tanjungpinang, sehingga sampai saat ini total pasien Covid-19 Kota Tanjungpinang yang sudah dinyatakan selesai isolasi (sembuh) berjumlah 624 orang, sebagaimana hasil
pemeriksaan RT-PCR yang diterima dari BTKL PP Batam, yang terdiri dari 2 laki-laki dan 6 perempuan.," Tanbah Rahma dalam rilisnya.

Pasien-pasien tersebut dinyatakan sudah selesai isolasi (sembuh) dan dapat melakukan aktifitas
sehari-hari, baik di rumah maupun di luar rumah. Namun demikian, protokol pencegahan penularan Covid-19 tetap harus dilaksanakan dengan disiplin, seperti memakai masker dengan benar, selalu menjaga jarak lebih dari 1 meter dan sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun bila tak ada air bisa pakai handsanitizer.

Editor: Yudha