4 Pasien di Tanjungpinang Sembuh dari Covid-19 dan 9 Orang Terpapar Virus Corona
Oleh : Asyari
Senin | 05-10-2020 | 18:52 WIB
4-da-9-TPI.jpg
Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Hj Rahma kembali mengumumkan 4 pasien yang terkena Covid-19 di Tanjungpinang dinyatakan sembuh atau selesai isolasi. Namun, di samping kabar baik ini, ada juga 9 orang lainnya yang terkonfirmasi positif terpapar virus mematikan itu.

Hal ini disampaikan Rahma lewat siaran persnya, Senin (5/10/2020). "Hari ini, kami sampaikan penambahan 4 kasus Covid-19 yang sudah selesai isolasi (sembuh) di Kota Tanjungpinang, sehingga sampai saat ini total pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan selesai isolasi (sembuh) berjumlah 282 orang, sebagaimana hasil pemeriksaan RT-PCR yang diterima dari BTKLPP Batam, yang terdiri dari 3 laki-laki dan 1 perempuan," jelas Rahma.

Adapun data pasien tersebut yakni, kasus konfirmasi nomor 286, Tn DA (33), berdomisili di Kelurahan Batu IX; kasus konfirmasi nomor 287, Tn RB (29), berdomisili di Kelurahan Melayu Kota Piring; kasus konfirmasi nomor 291, Ny AS (29), berdomisili di Kelurahan Melayu Kota Piring dan kasus konfirmasi nomor 292, Tn Su (41), berdomisili di Kelurahan Bukit Cermin.

"Pasien-pasien tersebut di atas dinyatakan sudah selesai isolasi (sembuh) dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari, baik di rumah maupun di luar rumah. Namun demikian protokol pencegahan penularan Covid-19, tetap harus dilaksanakan dengan disiplin, seperti memakai masker dengan benar, selalu menjaga jarak lebih dari 1 meter dan sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun (bila tak ada air bisa pakai handsanitizer)," kata Rahma.

Sementara itu, 9 kasus terkonfirmasi positif juga bertambah di Kota Tanjungpinang. "Hari ini, kami juga sampaikan penambahan 9 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan hasil temuan kasus baru, sebagaimana hasil pemeriksaan swab dengan metode RT-PCR yang dilakukan di Laboratorium BTKL PP Batam, RSUD RAT dan RSAL Dr Midiyato S Tanjungpinang. Kasus baru ini terdiri dari 4 laki-laki dan 5 perempuan," kata Rahma.

Adapun pasien baru ini, sebagai berikut: kasus 296 Tn JA (57), MKP Tanjungpinang Timur, bergejala dan melakukan perjalanan ke Bengkulu dan Pekanbaru, dirawat RSUD RAT; kasus 297 Tn IK (39), Batu IX, tidak bergejala, pasien kontak erat dengan kasus konfirmasi Bintan, dirawat RSUD RAT; kasus 298 Ny SN (53), Batu IX Tanjungpinang Timur, bergejala, tidak ada riwayat perjalanan & riwayat kontak erat, dirawat RSUD Tanjungpinang.

Kemudian, kasus 299 Ny Li (66) Tanjungpinang Timur, Bukit Bestari, bergejala, tidak ada riwayat perjalanan & riwayat kontak erat, dirawat RSUD Tanjungpinang; kasus 300 Tn Ri (52), MKP Tanjungpinang Timur, bergejala tidak ada riwayat perjalanan & riwayat kontak erat, dirawat RSAL; kasus 301 Tn SA (61), Sei Jang, Bukit Bestari, bergejala, tidak ada riwayat perjalanan & riwayat kontak erat, dirawat di RSAL; kasus 302 Ny WM (56) Sei Jang, Bukit Bestari, bergejala, tidak ada riwayat perjalanan & riwayat kontak erat, dirawat di RSAL; kasus 303 Nn UT (16), Sei Jang, Bukit Bestari, bergejala tidak ada riwayat perjalanan & riwayat kontak erat, dirawat di RSAL dan kasus 304 Ny HS (46) Sei Jang, Bukit Bestari, bergejala, tidak ada riwayat perjalanan & riwayat kontak erat, dirawat di RSAL.

"Dinas Kesehatan PP & KB Kota Tanjungpinang melaksanakan tracing (penelusuran) pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien dan tempat beraktivitas lainnya dan bila memenuhi kriteria kontak erat maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT PCR di di BTKL PP Batam," tutup Rahma.

Editor: Gokli