Gugus Tugas Covid-19 Kepri Imbau Warga Tetap Gunakan Masker
Oleh : Redaksi
Rabu | 01-07-2020 | 19:52 WIB
pakai-masker2.jpg
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker dan jaga jarak saat berinteraksi.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana menyampaikan, masyarakat seharusnya semakin waspada ketika kebijakan normal baru atau adaptasi kebiasaan baru diterapkan.

"Bukan malah sebaliknya. Masih banyak kami temukan orang tidak menggunakan masker dan duduk berdekatan. Ini paling banyak ditemukan di rumah makan dan kedai kopi," kata Tjetjep di Tanjungpinang, Selasa (30/6/2020) seperti dilansir laman resmi Diskominfo Kepri.

Ia menegaskan kondisi Kepri, kecuali Natuna, Anambas dan Lingga, belum terbebas dari Covid-19. Karena itu, masyarakat Kabupaten Bintan, Tanjungpinang, Batam dan Karimun harus tetap meningkatkan kewaspadaan dengan cara menaati protokol kesehatan agar tidak tertular Covid-19.

Virus itu tidak bergerak sendiri, melainkan dibawa oleh orang. Orang-orang yang tertular Covid-19 dalam berbagai kasus merupakan orang tanpa gejala (OTG). OTG Covid-19 yang belum menyadari dalam dirinya terdapat Covid-19 beraktivitas seperti biasa, dan potensial menularkan virus itu kepada orang lain.

Karena itu, menurut dia menggunakan masker harus menjadi kebiasaan saat beraktivitas. Kelengahan setiap orang hanya akan membuahkan penyesalan.

"Kondisi Kepri secara umum memang membaik, namun tetap harus waspada, jangan sampai muncul kasus baru," ujarnya.

Tjetjep mengemukakan masyarakat dapat melakukan aktivitas, namun tetap harus menaati protokol kesehatan. Masyarakat juga sebaiknya hindari tempat kerumunan massa. "Kalau tidak ada hal yang penting, sebaiknya tetap di rumah," imbaunya.

Editor: Gokli