4 OTG Positif Covid-19 di Kepri, Tjetjep: Jika Keluar Rumah Wajib Pakai Masker
Oleh : CR-2
Jum\'at | 10-04-2020 | 16:20 WIB
4-otg-covid.jpg
Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana yang juga juru bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kepri mengingatkan masyarakat untuk tetap berada di rumah, pun jika terpaksa keluar wajib menggunakan masker.

Hal ini, kata Tjetjep, mengingat sudah ada 4 orang tanpa gejala (OTG) yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium. Salah seorang di antaranya bahkan telah menularkan Covid-19 ke anaknya, yang saat ini dalam kondisi darurat di ruang perawatan ICU.

"Saat ini bukan saja orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) saja yang bisa menularkan Covid-19 akan tetapi OTG juga sudah mengancam penularan penyakit ini," katanya, Jumat (10/4/2020).

Dijelaskannya, temuan 4 OTG yang positif Covid-19 itu bermula saat Gugus Tugas melakukan pemeriksaan Rapit tes terhadap 20 orang yang dicurigai. Hasilnya, 5 orang reaktif dan 4 orang di antaranya dinyatakan positif setelah dilakukan tes PCR dan laboratorium.

"Makanya pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap di rumah, meliburkan sekolah dan bekerja dari rumah ada tujuan dan maksudnya, salah satunya adalah mencegah penyebaran Covid-19 dari OTG tersebut karena kita tidak tahu mereka bisa menularkan covid-19 meskipun mereka tidak memiliki gejala," tutupnya.

Editor: Gokli