Corona Merebak, Umat Muslim Tanjungpinang Tetap Sholat Jumat di Masjid
Oleh : CR4
Jumat | 20-03-2020 | 17:29 WIB
sholat-jumat-tpi1.jpg
Mesjid di kawasan Tanjungpinang Timur dipenuhi jemaah untuk sholat Jumat. (Foto: Nanda)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Umat muslim di Kota Tanjungpinang tetap menjalani ibadah sholat Jumat di mesjid, Jumat (20/3/2020).

Meskipun sebelumnya, MUI telah mengeluarkan fatwa mengganti sholat Jumaat dengan sholat dzuhur di rumah masing-masing, untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Mesjid di berbagai daerah di Kota Tanjungpinang terpantau dipenuhi jemaah. Mesjid - mesjid di kawasan Tanjungpinang Timur misalnya, penuh seperti biasanya.

Tidak hanya jemaah orang dewasa, anak - anak usai sekolah hadir menunaikan sholat yang diawali dengan penyampaian kutbah itu.

"Seperti biasa saya. Kami juga masih sholat fardhu berjemaah di mesjid. Masih biasalah," kata Budiono, salah seorang jemaah, Suryadi.

Suryadi mengaku tetap mengaja kebersihan selama sholat berjemaah di mesjid, dengan menggunakan sajadah yang dibawa dari rumah.

"Sepulang dari mesjid, tetap cuci tangan lagi. Yang penting jaga kebersihan saja. Tapi kalo saya sedang deman atau kurang fit, saya sholat dirumah," ulasnya.

Hal serupa diungkapkan jemaah lainnya. Saril mengaku tetap ke mesjid melaksanakan sholat berjemaah.

"Insyallah aman. Yang penting jaga kebersihan. Bagi yang sakit sementara sholat dirumah dulu," ungkapnya.

Sebelumnya, MUI menyampaikan fatwa MUI Nomor Nomor 14 Tahun 2020 sebagai panduan umat muslim mencegah penyebaran virus korona, termasuk soal ibadah wajib di masjid seperti salat Jumat.

Editor: Yudha