Cari yang Terbaik, Pemprov Seleksi 176 BUMDes se-Kepri
Oleh : Redaksi
Sabtu | 14-03-2020 | 12:04 WIB
bumdes-terbaik.jpg
Kadis PMD-Dukcapil Kepri, Sardison. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemprov Kepri sedang mengevaluasi BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Ada 176 BUMDes di Kepri, dengan berbagai usaha yang dikembangkan.

BUMDes dinilai dari berbagai aspek. Mulai dari manajemen hingga inovasi.

"Sekarang lagi lomba desa. Sudah mengevaluasi BUMDes di dua kabupaten, Bintan dan Karimun. Menyusul Lingga, Natuna dan Anambas. Kita mau mencari BUMDes terbaik yang ada di Kepri," sebut Sardison, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kepri, Rabu (11/3/2020) seperti dilansir laman resmi Diskominfo Kepri.

BUMDes akan dinilai berdasarkan kelembagaan, manajemen, keuangan, akuntabilitas hingga inovasi. Penilaian ini dilakukan tim dari Dinas PMD Dukcapil Kepri, bersama tenaga ahli.

Tim penilai diperkirakan bakal kerepotan, karena tidak sedikit BUMDes yang sudah berhasil mengembangkan inovasi. Mulai dari budidaya ulat untuk mengurai sampah, kepiting soka, pengolahan cabe hingga pemanfaatan limbah sagu sebagai sabun.

Malah sudah ada dua inovasi, yang dipatenkan. Diharapkan April mendatang, evaluasi pada BUMDes ini sudah rampung.

Saat ini sudah ada 176 BUMDes di Kepri, dari 275 desa yang tersebar di lima kabupaten. BUMDes ini bergerak di berbagai sektor usaha. Mulai dari penyewaan tanaman hias, pertanian skala kecil, budidaya, kerambah, pengumpulan hasil laut hingga simpan pinjam.

Sardison berharap BUMDes dapat mencari alternative modal lain, untuk mengembangkan usaha. "Dorong juga BUMDes mencari modal lain, melalui pihak ketiga. Kita akan dorong, melakukan penajajakan ke Himbara (Himpunan Bank Milik Negara). Untuk membantu permodalan BUMDes," tambah Sardison.

Editor: Gokli