Hengky Sumbang Lahan untuk Bangun Fly Over Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 11-06-2019 | 19:40 WIB
nurdin-hengy-tpi1.jpg
Nurdin Basirun bersama pengusaha Hengky Suryawan meninjau lahan untuk bangun fly over di Tanjungpinang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Nurdin Basirun mengajak para pengusaha lokal yang ada di Kepri untuk berinvestasi dalam membangun Provinsi Kepri. Pengusaha lokal diharapkan harus bisa bersinergi dengan pemerintah dalam upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur.

"Kami mengajak para pengusaha lokal untuk ikut bersama-sama membangun, menambah indah wajah Kepri ini. Salah satunya di Ibu kota Tanjungpinang," ujar Nurdin saat melakukan pertemuan dengan Pengusaha Hengky Suryawan di ruang kerja Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Selasa (11/6/2019).

Pertemuan sendiri dilakukan guna membahas sejumlah proyek pembangunan infrastruktur, serta investasi yang disampaikan Hengky Suryawan kepada Nurdin Basirun.

"Niat kita membangun adalah keikhlasan, tidak mengambil untung, Namun bagaimana dampak dari pembangunan bagi kehidupan masyarakat, dapat bermanfaat untuk generasi ke depan," kata Nurdin.

Terhadap pengusaha lokal yang ingin berimvestasi membangunan Kepri, dikatakan Nurdin pihaknya akan siap untuk membantu, khususnya mengenai persoalan perizinan. Pemerintah akan ikut andil jika ada permasalahan agar tidak terjadi kendala berlarut-larut yang tentu dapat menghambat pembangunan tersebut.

"Kalau niat baik itu semata-mata untuk masyarakat, kita optimis setiap pembangunan yang kita gagas dapat berjalan lancar, intinya adalah bangun sinergitas sekuat mungkin," ujar Nurdin.

Kepada Nurdin Basirun, Pengusaha Hengky Suryawan datang dan menjabarkan ide-nya untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan khusunya investasi dalam proyek pembangunan jalan.

Hengky mengatakan, kawasan Pelabuhan dan Bandar udara merupakan dua pintu masuk bagi Kepri sebagai daerah Kepulauan yang menjadi prioritas, maka kemudahan akses dengan adanya jalan yang luas dan layak dirasa perlu terlebih untuk mengurai kemacetan.

"Kita awali dengan berdialog menjabarkan gagasan, sebagai anak daerah, kami pun ingin bersumbangsih untuk pembangunan agar daerah semakin maju," kata Hengky.

Kepada Nurdin Basirun, Hengky Suryawan juga menjabarkan gagasannya dibarengi dengan market perencanaan investasi pembangunan yang akan dilakukan.

Salah satu gagasan Hengky Suryawan adalah, pembangunan jalan Fly over sepanjang 2 kilometer selebar 50 meter dari kawasan kam 12 jalan pintu keluar Bandara RHF Ganet Tanjungpinang ke area Jalan WR. Supratman depan RSUD Raja Ahmad Tabib km 8.

Hengky mengatakan, siap menghibahkan lahannya di kawasan tersebut kepada pemerintah Provinsi Kepri guna terlaksanakanya pembangunan fly over sepanjang 2 kilometer tersebut.

Direncanakan, pembangunan fly over dari depan Bandara RHF ke depan RSUD itu akan terdapat bundaran yang akan membagi jalan menjadi dua arah yakni menuju kantor Wali Kota di Senggarang dan kantor Gubernur Provinsi Kepri di Pulau Dompak.

Menanggapi hal itu, Nurdin Basirun didampingi Asisten Bidang Perekonomian Syamsul Bahrum, Kadis PU Abu Bakar, Kadis Perkim Mahyudin dan Kadis Kelautan Eddy Sofyan, bersama pengusaha Hengky Suryawan juga langsung melakukan peninjuan ke lokasi.

Usai melakukan peninjuan, Nurdin pun menginstruksikan Kadis PU Abu Bakar untuk segera mengkoordinir market pembangunan jalan tersebut, agar segera bersinergi salah satunya dengan Pemko Tanjungpinang.

"Pak Abu tolong segera lakukan pertemuan dengan pengusaha dan pihak Pemko Tanjungpinang, kalau bisa segera jangan diperlambat," kata Nurdin.

Nurdin pun juga menginstruksikan Kadis Perkim Mahyuddin agar jangan melupakan kawasan hijau dalam pembangunan jalan ini, agar kawasan tidak terlihat gersang maka bangun taman-taman disekitar jalan agar semakin berseri.

Editor: Yudha