Sidak DPMPTSP, Isdianto Temukan Warga Urus Perizinan Sudah 4 Bulan Tak Kunjung Selesai
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 11-06-2019 | 08:16 WIB
sidak-DPMPTSP.jpg
Sidak Wakil Gubernur Kepri Isdianto ke Kantor DPMPTSP. (Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Inspeksi mendadak (Sidak) di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kepri yang dilakukan Wakil Gubernur Kepri Isdianto, menemukan warga yang mengeluhkan pelayanan dalam mendapatkan pelayanan, Senin (10/6/2019).

Kepada Isdianto, warga itu menyatakan sudah 4 bulan mengurus Izin Tambang Pasir di DPMPTS Kepri, tetapi hingga saat ini tak kunjung ada kejelasan.

Menanggapi hal itu, Isdianto pun langsung menanyakan kepada staf pelayanan serta mengumpulkan pegawai di sana.

Kepada sejumlah pegawai, Isdianto mengatakan, keluhan warga pemohon izin atas pelayanan DPMPTSP itu sangat tidak masuk akal, mengurus izin sampai 4 bulan.

"Seharusnya tidak perlu lama dan berbelit seperti ini. Jika memang izinnya bisa dikeluarkan maka segera dikeluarkan dan jangan diperlama. Namun jika memang izinnya tidak bisa dikeluarkan, segera diberitahu kepada yang bersangkutan. Jelaskan sebabnya, aturannya dan sebagainya. Sehingga masyarakat dapat kejelasan atas apa yang diharapkan," ujar Isdianto.

Memperlambat pemberian pelayanan, tambah Isdianto, sebagaimana yang ditemukan di DPMPTSP Kepri itu sangat bertentangan dengan prinsip Pemerintah Provinsi Kepri yang bertekat memberikan pelayanan prima pada masyarakat.

Kepada wartawan yang saat itu ikut melihat, Isdianto juga menegaskan, jika apa yang Dia dapati di kantor DPMPTSP adalah hal yang tak seharusnya ditemukan di lingkungan kantor pelayanan Pemprov Kepri.

"Kita selalu komitnent untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal ini juga selalu disampaikan Gubernur. Sehingga seharusnya jangan ada kejadian sepeti ini, mengurus izin sampai 4 bulan. Makanya hal seperti inilah yang perlu kita evaluasi," tegasnya.

Sementara Kepala DPMPTSP Kepri Samsuardi, saat wakil gubernur sidak juga sedang tidak berada di kantornya. Informasi yang diperoleh dari ASN, kepala dinas sedang rapat rutin bersama gubernur.

Atas temuan itu, Isdianto menyatakan akan segera mengevaluasi kinerja pegawai di dinas DPMPTSP Kepri tersebut demi terciptanya pelayanan yang maksimal dilingkungan Pemprov Kepri ke depannya.

Editor: Chandra