Puncak Arus Balik, Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan SBP Tanjungpinang
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Senin | 10-06-2019 | 08:40 WIB
pemudik-tanjungpinang.jpg
Kepadatan Pemudik Arus Balik di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. (Putra)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ribuan pemudik mulai memadati Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang pada arus balik mudik lebaran Idul Fitri 2019. Kepadatan pemudik di pelabuhan ini terlihat pada hari Minggu, (9/6/2019) pagi.

Kepala Seksi (Kasi) Keselamatan Pelayaran KSOP Pelabuhan SBP Tanjungpinang, A Martawilaya mengatakan, lonjakan arus balik mudik terjadi sejak H+3 lebaran Idul Fitri 2019. Pihaknya mencatat, perharinya sebanyak 6.963 pemudik meninggalkan Tanjungpinang.

"Demikian juga dengan pemudik yang datang ke Tanjungpinang mencapai 6.596 orang," kata Martawilaya, Minggu (9/6/2019).

Dirinya melanjutkan, KSOP Pelabuhan SBP Tanjungpinang juga berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memeriksa keadaan cuaca. Meski curah hujan cukup tinggi, sampai saat ini tidak ada keberangkatan kapal yang ditunda.

"Alhamdulillah hingga saat ini tak ada kapal yang mengalami penundaan keberangkatan. Sejauh ini juga imbauan baik kepada nakhoda dan penumpang agar selalu mengutamakan keselamatan terus dilakukan," ujarnya.

Di waktu yang bersamaan, Kapolsek Kawasan Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Kompol Zulkifli mengatakan, sedikitnya terdapat 20 personel yang berjaga dalam arus balik ini. Pihaknya mengimbau kepada penumpang untuk menjaga barang bawaan dan anak-anaknya.

"Masyarakat juga kami imbau membeli tiket kapal di konter resmi guna menghindari hal yang tak diinginkan," ujarnya.

Guna menjamin kelancaran, keamanan, dan keselamatan perjalan arus mudik, beberapa petugas kepolisian, TNI, Badan SAR Nasional (Basarnas) Tanjunpinang, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) tampak berjaga di berbagai sisi pelabuhan.

Editor: Chandra