Idul Fitri 1440H Besok, BMKG Ingatkan Warga Tanjungpiang dan Bintan Antisipasi Hujan
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 04-06-2019 | 20:00 WIB
hujan-lokal-idul-fitri.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, mengingatkan agar warga yang melaksankan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriyah, besok, Rabu(5/6/2019) mengantisipasi hujan di wilayah Tanjungpinang dan Bintan.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dilakukan BMKG, Tanjungpinang dan Bintan sejak 3 hingga 7 Juni 2019 wilayah Kota Tanjungpinang dan Bintan berpotensi hujan lokal pada pagi hingga siang hari.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, R Arditho BP mengatakan, berdasarkan dinamika atmosir yang mereka amati, pengaruh fenomena global El Nino, Dipole Mode dan MJO, tidak terlalu signifikan mempengaruhi kondisi cuaca di Pulau Bintan.

"Namun adanya wilayah belokan angin (shear line) di sekitar wilayah Provinsi Kepri dapat menjadi pemicu pertumbuhan awan konvektif yang menghasilkan hujan, di wilayah Pulau Bintan," ujarnya pada BATAMTODAY.COM, Selasa (4/6/3019).

Hal itu, sambung Arditho, didukung dengan kondisi perairan di sekitar Kepulauan Riau, khususnya wilayah Bintan, yang bersifat hangat, dan kelembapan udara yang cukup basah sampai lapisan atas, serta hembusan angin yang lemah di lapisan atas yang dapat memicu konvektifitas antara atmosfer dan laut.

Adapun kondisi cuaca untuk wilayah Bintan dan Tanjungpinang diperkirakan, untuk satu minggu ke depan, 3-9 Juni 2019 akan berpotensi terjadinya hujan lokal pada pagi, siang dan kadang malam hari.

"Untuk besok, masih diperkirakan hujan dari pagi hingga siang, namun sifatnya hujan lokal," kata Arditho.

Selain berharap prakiraanya salah, mengingat besok pagi akan dilaksankan Sholat Idul Fitri, Arditho juga mengatakan untuk mengantisipasi dan perlu kiranya warga membawa payung.

"Saya juga berharapnya, salah prakiraan, dan berdoa agar besok pagi jangan turun dulu hujanya," ungkap Arditho.

Editor: Gokli