H-3 Lebaran, 4.910 Penumpang Berangkat dari Pelabuhan SBP Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 03-06-2019 | 14:52 WIB
mudik-sbp-tpi11.jpg
Arus mudik di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - H-3 Idul Fitri 2019, sebanyak 4.910 penumpang mudik melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Berdasarkan data yang didapat di Posko Mudik Lebaran Idul Fitri 2019 yang terdapat di depan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungpinang, pada H-3 untuk jumlah penumpang yang berangkat dari pelabuhan ini sebanyak 4.910 orang.

Adapun rinciannya, yang berangkat di Pelabuhan Domestik SBP sebanyak 3.495, sementara itu di pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang sebanyak 1.415. Sementara itu untuk, jumlah moda transportasi laut yang ada di pelabuhan ini diantara untuk kapal yang tiba sebanyak 60 unit dan kapal yang berangkat sebanyak 54 unit.

Kasi Keselamatan dan Pelayaran KSOP Tanjungpinang, Imran mengatakan dari H-4 sampai H-2 pada hari ini lonjakan penumpang mudik lebaran sudah terlihat, namun angkanya dapat dilihat dipapan informasi posko lebaran didepan kantor KSOP Tanjungpinang.

"Dari H-4 sampai saat ini sudah terdapat kelonjakan baik yang antar pulau maupun ke Batam," ujar Imran saat ditemui di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Senin (3/6/2019).

Imran menjelaskan sampai saat ini, untuk arus mudik lebaran di pelabuhan ini masih lancar-lancar saja belum ada kendala. Sementara terkait over kapasitas muatan kapal, juga belum ditemui.

"Terkait penumpang, kami selalu melakukan pengawasan agar tidak ada kapal yang over kapasitas. Karena dapat membahayakan penumpang," katanya.

Editor: Yudha