Seorang Tahanan WNA Dikabarkan Kabur dari Rudenim Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 03-06-2019 | 10:52 WIB
kabur-wna-il.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Seorang tahanan, Warga Negarar (WN) Vietnam yang belum diketahui identitasnya dikabarkan kabur dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Tanjungpinang, beberapa waktu lalu.

Informasi yang dihimpun di sekitar lingkungan Rudenim Tanjungpinang, tahanan WN Vietnam ini kabur pada saat meminta izin kepada petugas untuk membeli obat di luar. Namun dari pagi hari hingga sore hari, tahanan ini tidak kunjung pulang ke Rudenim Tanjungpinang. Diduga tahanan ini mengidap penyakit lambung.

Sejumlah petugas Rudenim dari informasi yang didapat, terlihat mencari tahanan ini hingga ke Pelabuhan SBP Tanjungpinang. "Iya informasinya ada, tetapi tahan Vietnam ini izin membeli obat karena sakit maag," ujar salah satu pegawai Rudenim yang enggan disebutkan namannya.

Ia menjelaskan, tahanan ini pergi pada hari Minggu (2/6/2019) pagi. Namun tidak kunjung pulang.

Biasanya mereka pulang, karena hanya meminta izin untuk membeli obat saja. "Barang-barangnya masih ada di sini. Biasanya kalau seperti itu tahanan itu kembali," katanya.

Ia menuturkan, kejadian pergi keluar tanpa pengawasan di Rudenim seperti ini sering terjadi. Namun tahanan tersebut kembali lagi ke Rudenim dan ada juga yang lupa jalan untuk kembali.

"Secara aturan saya tak tahu bang, pimpinan yang tahu, tetapi ada juga kejadian seperti ini," tutupnya.

Sampai berita ini diunggah, Kepala Rudenim Tanjungpinang, Muhammad Yani Firdaus belum bersedia memberikan keterangan. Upaya konfirmasi sudah dilakukan lewat telepon maupun pesan WhatsApp.

Editor: Gokli