Peringatan Hari Lahir Pancasila

Danlantamal IV Minta TNI-AL Bangun Kebersamaan dan Harapan di Bawah Ideologi Pancasila
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 01-06-2019 | 11:52 WIB
harla-pancasila-lantamal-iv.jpg
Upacara Hari Lahir Pancasila di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Sabtu (1/6/2019). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, membacakan amanah Plt Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Republik Indonesia dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso nomor 1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Dalam amanahnya, Komandan Lantamal IV Tanjungpinang mengatakan, dengan peringatan hari lahirnya Pancasila, segenap bangsa Indonesia hendaknya dapat semakin membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

"Pancasila sebagai dasar negara, idilogi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia," ujar Danlantamal IV saat membacakan amanat Plt Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Republik Indonesia, Hariyono, Sabtu (01/6/2019).

Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, sambungnya, tetapi harus diakui bahwa eksistensi ke Indonesian baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, bukan suatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta yang dilaksanakan oleh Panitia Kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

"Jadi tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi," ujarnya.

Dalam upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila ini, juga diikuti seluruh personel TNI-AL yang ada di Pulau Bintan yaitu Mako Lantamal IV, RSAL Dr Midiato Suratani, Satrol Lantamal IV, Yonmarhanlan IV dan Pegawai Negeri Sipil. Inspektur Upacara langsung dipimpin Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah.

Lebih jauh, Ketua BPIP melalui Danlantamal IV mengimbau, dengan perayaan Hari Lahir Pancasila, segenap bangsa Indonesia dapat semakin membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

"Pancasila sebagai 'LEITSTAR DINAMIS' Bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi pada arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan," sebutnya.

Melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 ini, pemerintah juga menekankan, Pancasila perlu dijadikan sebagai inspirasi 'Politik Harapan' dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita semua harus terus menerus secara konsiten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, idiologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagian seluruh bangsa Indonesia," pungkasnya.

Upacara peringatan tersebut dihadiri Para Asisten Danlantamal IV, Wakabin RSAL Dr Midiato Suratani, Danwing Udara I, Dansatrol Lantamal IV, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja, Komandan serta Pamen yang berada di Lantamal IV.

Editor: Gokli