Among Berdalih 36 Keping Plat Baja Titipan Andi Cori Patahuddin, Bukan Dijual
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 08-05-2019 | 12:41 WIB
among.jpg
Among (Baju Kotak-Kotak), saat jadi saksi di PN Tanjungpinang. (Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sidang lanjutan La Mane, terdakwa pencurian plat baja Jembatan Dompak memasuki agenda mendengarkan keterangan dua orang tersangka baru, Andi Cori Patahuddin dan Andrie Usmar di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Selasa (7/5/2019).

Berdasarkan fakta dalam persidangan, Among berdalih tidak membeli 36 keping plat baja dari Cori. Namun plat baja itu hanya dititipkan Cori kepada dirinya. Among justru mengaku hanya membeli kompresi, besi kalengan memanjang untuk tempat semen, kontainer bekas dan genset.

"Plat besi tetap dititipkan masih ada di gudang Kampung Bulang," ujar Among.

Among menceritakan, dirinya awalnya pergi ke gudang tempat penampungan besi tua di KM 18 milik Meri, tempat langganan jikan ingin membeli besi-besi tua atau yang lainnya.

Selanjutnya Among melihat gudang besi tua, ada plat baja. Kemudian Among bertanya kepada Meri, itu beli dimana. Meri menjawab beli dengan La Mane, kebetulan La Mane berada di gudang itu.

"Singkat cerita La Mane bercerita bahwa plat baja dibeli dari Cori, dari sisa pembangunan pelat besi," kata Among.

Among menyebutkan, karena dirinya mengenal Cori, sehingga ia menghubungi sendiri Cori. Kemudian terjadi pertemuan dengan Cori di suatu tempat. Di sana Cori bercerita bahwa barang-barang ini mau dibersihkan.

Among kemudian berpikir dan bertanya, barang-barang ini memiliki izin atau tidak. Kemudian Cori tidak menjawab, sebelumnya dirinya juga sempat menanyakan harga kepada La Mane tapi untuk harganya dirinya lupa.

Mendengar cerita itu, Ketua Majelis Hakim Eduard P Sihaloho mengangkat kepada saksi kalau saksi membuat keterangan seperti ini ialah keterangan dibawah sumpah dan ada pidananya.

"Itu terserah kalian tapi ada logika. Jangan dibuat panjang beritanya. Kalau mau panjang nanti saya suruh cerita lagi," tegas Hakim.

Kemudian Among mengatakan saat ini seluruh pelat baja yang dititipkan ke dirinya masih ada di gudang Kampung Bulang miliknya.

Editor: Chandra