KPU Kepri Sosialisasikan Mekanisme Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 27-03-2019 | 12:40 WIB
sosialisasi-kpu2.jpg
Sosialisasi yang dilakukan KPU Kepri di Tanjungpinang. (Foto: Chalres).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri menggelar sosialisasi mekanisme pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara dalam Pemilu Presiden serta Pileg 2019 di Tanjungpinang, Rabu (27/3/2019).

Kepala Bagihan Hukum dan Teknis KPU Kepri Dino Febrianto mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan itu untuk memberi pemahaman kepada Parpol, Caleg san Stakeholder terkait dalam teknis pelaksanaan pemungutan dan perhitungan serta pelaksanaan rekapitulasi suara.

"Peserta sosialisasi diikuti 16 perwakilan dari parpol, saksi DPD, FKPD serta sejumlah peserta lainya,"ujar Dino.

Sosialisasi ini tambah Dino, menghadirkan narasumber KPU dan Bawaslu Kepri.

Komisioner KPU Kepri, Arison mengatakan, 20 hari lagi sisa waktu pelaksanaan Piemilu. Untuk persiapan pelaksanaan Pemilu telah mencapai 95 persen.

"Sejumlah kegiatan persiapan telah dilaksankaan KPU. Saat ini tinggal 5 persen kegiatan yang kurang, seperti pelaksanaan Bintek dan persiapan lainya," ujar Arison.

Sedangkan mengenai logistik, seperti surat suara, hingga saat ini, 100 persen sudah tersalurkan ke masing-masing kabupaten kota di Kepri.

Dalam kesempatan itu, Arison juga mengakui masih adanya kekurangan surat suara yang harus dipenuhi KPU. kekurangan tersebut, akan segera dipenuhi.

"Kekurangan surat suara di Kepri tidak sampai 1 persen. kekurangan ini akibat dari surat suara yang sobek dan rusak. Saat ini ketua KPU Kepri sudah menyusul dan menyampaikanya ke KPU Pusat," pungkasnya.

Editor: Chandra