Permudah Perekaman e-KTP, Disduk Kabupaten/Kota se-Kepri Dikumpulkan dalam Satu Tempat
Oleh : Ismail
Selasa | 05-03-2019 | 09:06 WIB
disduk-kepr-tpi.jpg
Kepala DPMD Dukcapil Kepri, Sardison bersama staf Dirjen Dukcapil Kemendagri, Suwandi menjelaskan program kegiatan perekaman KTP-el. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pendudukan dan Pencatatan Sipil (DPMD Dukcapil) Provinsi Kepulauan Riau mengumpulkan Disduk Kabupaten/Kota di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Dengan begitu, warga se-Kepri yang belum melakukan perekaman bisa langsung datang di stand-stand masing-masing Disduk Kabupaten/Kota untuk melakukan perekaman KTP-el.

Kepala DPMD Dukcapil Kepri, Sardison mengatakan, pelayanan itu diperuntukkan bagi seluruh warga Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri yang saat ini tengah bekerja atau kuliah di Tanjungpinang dan belum melakukan perekaman KTP-el.

Nah, untuk mempermudah memberikan layanan kepada masyarakat pihaknya sengaja membuat program tersebut di Tanjungpinang.

"Misalnya ada warga Anambas, Batam, Lingga, Karimun dan Natuna yang sekarang kerja di Kota Tanjungpinang, tapi tidak sempat untuk pulang hanya untuk merekam data. Mudah-mudahan dengan pelayanan ini dapat menjawab pertanyaan seputar itu selama ini," ujarnya, Senin (4/3/2019).

Ia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari kerja saja, yakni tanggal 4-5 Maret 2019. Kegiatan itu juga disejalankan dengan Rapat Kerja (Raker) Kepala Desa se-Provinsi Kepri serta Pencanangan Program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Dalam kegiatan itu pula, Dirjen Dukcapil Kemendagri dan Dirjen Desa Kementrian Desa juga akan memberikan pengarahan secara langsung kepada seluruh Kepala Dinas PMD se-Provinsi Kepri, Dinas Dukcapil se-Provinsi Kepri, Kepala Desa dan juga RT/RW.

Selain itu lanjutnya, DPMD Dukcapil Provinsi Kepri juga akan memberikan tujuh kategori penghargaan kepada Dinas Dukcapil kabupayen/kota se-Provinsi Kepri. Terkait dengan capaian perekaman dan pencetakan KTPel di Provinsi Kepri. Sejauh ini targetnya telah melebihi target.

"Alhamdulillah target perekaman kita sudah 101 persen sudah lebih dari target. Bahkan kita mweupakan daerah yang dikatagorikan baik dalam hal ini," ujarnya.

Sementara itu, staf Dirjen Dukcapil Kemendagri Suwandi mengatakan, secara keseluruhan untuk perekaman KTP-el di Provinsi Kepri sudah melampaui target nasional. Dan itu merupakan suatu ptestasi yang baik mengingat Provinsi Kepri, merupakan daerah kepulauan yang tentunya lebih berat saat dilapangan.

"Sesuai data yang kita terima, terkait perekaman KTP-el masyarakat di Kepri sudah berjalan baik. Bahkan terbilang sangat baik walau kendala di daerah yang berat," katanya.

Ia juga berharap dengan pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja (Raker) Kepala Desa se-Provinsi Kepri serta Pencanangan Program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) akan memberikan manfaat bagi semuannya.

"Mudah-mudahan kegiatan ini akan berjalan lancar. Kami juga berharap kegiatan ini akan berjalan lancar dan ada manfaatnya," harapnya.

Editor: Gokli