Kapolres Tanjungpinang Bantu Warga Atasi Banjir di Jalan DI Panjaitan
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 05-11-2018 | 10:52 WIB
ucok-atasi-banjir.jpg
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi saat membantu warga mengatasi banjir di Jalan DI Panjaitan, Minggu (4/11/2018). (Ist)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin turun langsung membantu warga untuk mengatasi banjir yang terjadi di sekitar SPBU Km 6, Jalan DI Panjaitan pada Minggu (4/11/2018).

Perwira dua melati itu tak segan-segan untuk mengangkat pacul untuk membuat saluran air alternatif. "Banjir sempat membuat kemacetan lalu lintas di jalan tersebut. Sehingga perlu dilakukan penanganan," kata Ucok, mengutip siaran pers Humas Polres Tanjungpinang.

Ucok menyebutkan, jalan ini merupakan jalan protokol yang setiap harinya selalu dilintasi kendaraan dengan volume yang cukup tinggi. Sehingga mengakibatkan potensi gangguan rawan terjadinya laka lantas dan kejahatan seperti curas.

"Curas dapat terjadi jika pelaku memanfaatkan pengguna jalan yang mengurangi laju kendaraannya akibat genangan air, sehingga pelaku kejahatan dapat leluasa melancarkan aksinya," ungkapnya.

Demi mencegah kemungkinan-kemungkinan terburuk yang dapat terjadi akibat genangan air tersebut, Polres Tanjungpinang dengan segala potensi dan kemampuan yang dimiliki turun bersama-sama mengatasi permasalahan tersebut.

"Kami melaksanakan pengaturan untuk mengarahkan kendaraan yang melintas untuk melewati genangan air yang tingkat ketinggiannya paling rendah demi meminimalisir resiko kerusakan kendaraan, mengarahkan kendaraan untuk melewati jalan alternatif dan membantu proses kelancaran arus lalu lintas," jelasnya.

Selain itu juga, Ucok mengatakan, jajarannya meninjau lokasi genangan air tersebut. Dengan menyisir titik demi titik untuk mencari penyebab terjadinya genangan air.

Selanjutnya bersama dengan Kadis PU Provinsi Kepri, BPBD Kota Tanjungpinang, Ketua LAM Tanjungpinang serta warga sekitar yang saat itu berada di lokasi kemudian membuat saluran parit kecil.

"Dengan tujuan supaya air yang tergenang dapat mengalir sehingga genangan air menjadi berkurang itensitas ketinggiannya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghilangkan genangan air tersebut," tutupnya.

Editor: Gokli