HUT Otonomi Tanjungpinang ke-17 Momentum Evaluasi Permasalahan Strategis Pembangunan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 18-10-2018 | 13:52 WIB
syahrul13.jpg
Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang Syahrul mengajak seluruh elemen masyarakat memaknai Peringatan HUT Otonom Tanjungpinang ke-17 tahun 2018 sebagai momentum untuk melakukan evaluasi secara komprehensif terhadap permasalahan strategis yang menjadi tuntutan masyarakat untuk kemudian dijadikan agenda penting dalam perencanaan pembangunan.

Hal itu dikatakan Syahrul dalam pidatonya saat sidang paripurna peringatan HUT ke-17 Tahun Kota Otonomi Tanjungpinang 2018, di ruang rapat utama DPRD Tanjungpinang, Rabu (17/10/2018).

Syahrul juga memaparkan, sejumlah kemajuan dan prestasi yang diraih sejak terbentuk sebagai kota Otonomi Tanjungpinang. Dimana nilai IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kota Tanjungpinang tahun 2017 telah mencapai 78,00 persen, meningkat dari tahun sebelumnya 77,77 persen.

"IPM tersebut telah melampaui IPM Provinsi Kepri sebesar 74,45 persen dan IPM Nasional 70,81 persen," ujar Syahrul.

Syahrul menambahkan, IPM tersebut, merupakan indikator untuk mengukur tingkat kesejahteraan dan keberhasilan pembangunan dalam suatu daerah. Adapun PDRB per kapita atas dasar harga konstan pada tahun 2017 senilai Rp65,45 juta meningkat dari tahun sebelumnya Rp64,45 juta.

Sedangkan untuk mengukur kemiskinan, metode yang di gunakan adalah kemampuan memenuhi kebutuhan dasar dengan menghitung garis kemiskinan.

"Tahun 2017 garis kemiskinan kota tanjungpinang sebesar Rp 598.631. berdasarkan garis kemiskinan tersebut diperoleh persentase penduduk miskin 9,29 persen atau menurun 0,05 persen dari tahun sebelumnya yakni 9,34 persen," ujarnya.

Sedangkan untuk angka harapan hidup di Kota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan, Tahun 2017 menujukan angka 71,84 persen dan mrngalami prningaktan dari 71.74 persen tahun seblumnya.

"Dari Nilai ini daoat disimpulkan, secara statistik bayi-bayi yang lahir ditahun 2017 akan dapat bertahan hidup 71 sampai 72 persen," sebutnya.

Syahrul juga menjelaskan bahwa keberhasilan pembangunan ini tidak terlepas dari peran seluruh komponen masyarakat dan Pemko Tanjungpinang juga memberikan apresiasi atas kerja sama yang baik di dalam penyusunan program yang dianggarkan dalam APBD sehingga pembangunan tersebut dapat berjalan dengan baik.

"Peringatan ulang tahun HUT Otonom Tanjungpinang ini, harus menjadi energi untuk mendorong peningkatan kinerja dalam mewujudkan pemerintah yang baik (Good Govermence) dalam rangka mewujudkan cita-cita otonomi daerah yaitu mewujudkan kesejahtraan bagi masyarakat," ujar Syahrul.

Di akhir sambutan, Syahrul juga berpesan kepada seluruh elemen masyarakat dalam menyambut pesta demokrasi pada bulan April 2019 mendatang agar sama-sama menciptakan pemilu yang damai, bermartabat serta senantiasa menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Editor: Yudha