Syahrul Sebut APBD 2019 Tanjungpinang Fokus Penyelesaian Sejumlah Masalah Mendasar
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 16-10-2018 | 15:16 WIB
apbd11.jpg
Wali Kota Tanjungpinang Syahrul menyerahkan rancangan APBD 2019 kepada pimpinan DPRD Tanjungpinang. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang Syahrul mengatakan rancangan APBD 2019 sebesar Rp711,20 miliar akan difokuskan pada penyelesaian sejumlah masalah mendasar yang diperkirakan menjadi tantangan terhadap pelaksanaan kebijakan penataan Tanjungpinang secara terpadu.

"Selain memfokuskan pada peningakatan pelayanan pendidikan dan kesehatan, arah kebijakan pengelolaan keuangan daerah fokus pada permasalahan utama penyediaan infrastruktur dasar yang memadai dan penataan fasilitas umum yang merata," ujar Syahrul dalam sidang paripurna pengantar KUA/PPAS rancangan APBD 2019, Selasa (16/10/2018).

Selain itu, penanganan permasalahan penyediaan SDM dan sarana pendidikan dasar yang berkualitas sesuai dengan kewenangan Pemko Tanjungpinang

"Penyediaan akses kesehatan yang merata untuk seluruh lapisan masyarakat. Permasalahan ketahanan pangan, Serta pengembangan potensi-potensi unggulan daerah, dan kewilayahan terutama pengembangan destinasi budaya dan Parewisata daerah dengan mengedepankan karakteristik lokal," sebutnya.

Syahrul juga mengklaim, rancangan APBD 2019 menjadi tonggak penting pemerintah Kota Tanjungpinang dalam memenuhi visi dan misinya yang sebagian telah diakomodir pada APBD Perubahan 2018.

Sejumlah kegiatan program yang sebelumnya dijanjikan san masuk dalam RPJMD nya itu seperti peningkatan kualitas sarana prasarana pemukiman melalui pembangunan lampu penerangan jalan dibeberapa titik Kota Tanjungpinang.

Perencanaan publik seperti hotspot untuk akses internet bagi warga di wilayah Tanjungpinang. Penyusunan DED Quran Center, pelaksanaan kegiatan wisuda santri, serta pemberian insentif bagi imam masjid, dan penggali kuburan. Kemudian penyiapan rumah singgah sekaligus penyiapan sarana transportasi bagi warga Tanjungpinang yang akan berobat di Batam.

"Selain itu ada juga pemberian dana santunan duka bagi warga Tanjungpinang yang meninggal," ujarnya.

Sedangkan program bantuan seragam sekolah bagi seluruh siswa dan siswi SD dan SMP di tahun ajaran baru dan santunan duka untuk warga kurang mampu akan direalisasikan pada APBD 2019.

Editor: Yudha