Puluhan Pemotor Terjatuh Akibat Lumpur Bekas Tambang di Senggarang
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 08-10-2018 | 15:40 WIB
jalan-berlumpur1.jpg
Kondisi jalan berlumpur di Senggarang Tanjungpinang. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Puluhan warga yang mengendarai sepeda motor terjatuh di Jalan Masjid Al-huda akibat lumpur eks Tambang Bauksit Senggarang, Senin (8/10/2018).

Mirisnya lagi, korban yang berjatuhan di jalan kebanyakan adalah sejumlah siswa dan ibu rumah tangga yang hendak mengantarkan anaknya ke sekolah.

"Untuk hari ini aja sudah ada puluhan orang yang terjatuh dan tergelincir di jalan ini, mulai dari ibu-ibu, dan anak-anak," ujar Jul, salah satu warga.

Dia menambahkan, korban jatuh di jalan tersebut setiap hujan dan tergenang lumpur. Tragisnya, kendati sudah beberapa kali dilaporkan warga melalui RT/RW Kelurahan dan Bahakan Kecamatan namun hingga saat ini belum ada penanganan.

"Sudah banyak yang jadi korban, dan kami juga sudah beberapa tahun lalu hal ini kami laporkan, baik ke pemerintah dan DPRD bahkan ke Provinsi, tetapi sampai saat ini tidak ada tindakan," kata Jul.

Bahkan, beberapa waktu lalu saat ada kegiatan gotong royonh dari Pemko Tanjungpiang dan Pemprov hanya datang ke lokasi dan mengambil foto tanpa ada tindakan.

Hal yang sama juga dikatakan Atun, seorng ibu rumah tangga di Senggarang. Penyebab utama jatuhnya sejumlah pemotor karena kondisi jalan yang licin akibat luberan lumpur bauksit dari bekas pertambangan di atas jalan.

"Kami berharap ada solusi dan penanganan, karena jalan ini juga merupakan jalan destinasi wisata ke kelenteng tua Senggarang," ujar Atun lagi.

Editor: Yudha