Meriahkan Pawai Taaruf MTQ Nasional XXVII di Medan

Kafilah Kepri Hadirkan Replika Perahu dan Anjungan Masjid Penyengat
Oleh : Redaksi
Minggu | 07-10-2018 | 18:32 WIB
qori-mtq--kepri1.jpg
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun foto bersama qori/qoriah Kepri usai pelepasan untuk MTQ Nasional XXVII di Medan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Medan - Meriahakan Pawai Ta'aruf Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII di Jalan Diponegoro Medan, Sumatera Utara.

Kafilah Provinsi Kepri menghadirkan replika perahu dan anjungan Masjid Penyengat yang didesign sedemikian rupa indah, Sabtu (6/10/2018).

Acara Pawai Taaruf ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Wakilnya Musa Rajekshah. Dari provinsi Kepri dihadiri oleh Sekdaprov Kepri TS.Arif Fadillah, didampingi oleh Kepala Biro Kesra Tarmidi dan staf Ahli Syamsuardi.

Pawai Taaruf juga dimerihakan oleh puluhan kendaraan hias dan marching band dari berbagai sekolah di Sumatera Utara.dalam serangkaian pelaksanaan MTQN XXVII di Medan Sumatera Uatara.

Kafilah Kepri yang berada di urutan 6 pawai taaruf, membawa Tema peradaban islam untuk kembali mengukir prestasi bagi kehidupan masyarakat Kepri.

Terdapat replika perahu dan diatasnya terdapat replika anjungan masjid penyengat yang menggambarkan tempat musyawarah peradaban islam kala itu. Tampilan replika semakin terlihat indah dengan paduan warna merah, hijau kuning yang selalu dipakai masyarakat Melayu dalam setiap upacara-upacara adat.

Selain itu terlihat ada Al-quran terbuka yang melambangkan bahwa masyarakat Melayu selalu menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup di dunia dan akhirat.

Selain itu terdapat dua orang bujang dan dara yang menaiki mobil hias replika masjid adalah sebagai gambaran generasi penerus. Sementara di depan mobil hias menmpilkan pakaian Melayu kreasi/ karnaval, sebagai bentuk bahwa hidup harus berkreasi menyesuaikan zaman, namun tetap dalam kaidah keislaman.

Pawai Taaruf MTQN XXVII di Medan sendiri mengambil rute start di jalan Lapangan Bannteng, dan finish di lapangan Merdeka. Dengan menempuh jarak sekitar 1.4 KM.

Sekdaprov Kepri berharap agar kafilah Kepri bisa mencapai prestasi yang membanggakan di MTQN XXVII 2018 Medan kali ini.
Sebanyak 53 qori dan qoriah yang diutus merupakan putra dan putri terbaim Kepri untk ajang MTQN. Dengan didukung oleh 20 orang pelatih serta 4 orang pendamping.

"Semoga saja kita bisa mempertahankan prestasi yang pernah kita capai. Tentunya kita semua harus terus berdoa dan berusaha. Adapun yang paling penting jaga kesehatan fisik peserta," kata Sekda.

Menyangkut prestasi, disamping pernah menjadi juara umum MTQN XXV di Batam tahun 2014. Kepri juga menjadi juara ke-3 pada MTQN XXVI tahun 2016 di Nusa Tenggara Barat. Adapun pada tahun 2017 Kepri juara ke-2 di STQN tahun 2017 di Kalimantan Utara.

Kafilah Kepri yang diinapkan di hotel Kardina Medan, sebelumnya sempat dijenguk Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah bersama sejumlah rombongan lainya.

Editor: Surya