Ratusan Peserta dari Kepri Ikuti Audisi LIDA II di Gedung Gonggong Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Minggu | 07-10-2018 | 17:04 WIB
IMG_20181007_134829.jpg
Ratusan peserta dari wilayah di Kepri mendaftar audisi Liga Dangdut Indonesia II (Foto: Roland)

BATAMTODAY. COM, Tanjungpinang - Ratusan peserta berasal dari wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) turut serta dalam audisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) II di Gedung Gonggong Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (7/10/2018).

Ajang pencarian bakat audisi Lida 2 akan diikuti oleh 31 Provinsi di Indonesia lainnya. Pada pekan depan akan menyambangi provinsi Lampung, Bangka Belitung, dan Kalimantan Tengah. Salah satunya di Tanjungpinang, Kepri.

Produksion Manager LIDA II Indosiar, Yoni Sauhandoko mengatakan perserta audisi lida 2 ini sampai saat ini berjumlah 170 perserta. Sedangkan untuk tahun kemaren hanya berjumlah 120 perserta sehingga ada peningkatan 20 sampai 30 persen untuk tahun.

"Untuk lida dua kali ini kami perbedaan dengan lida satu, pada lida dua ini kami lebih kompetisinya kalau lidah pertama disetiap provinsi bawak 5 orang terbaiknya untuk di tandingkan di jakarta persertanya akhirnya dipilih berdasarkan sms terus dipilih satu pemenang," ujar Yoni

Yoni memaparkan untuk lida ke dua ini s hanya mengambil satu perserta terbaik setiap provinsi untuk dipertandingkan ke ke Jakarta. Jadi memang pada Lida dua ini benar-benar yang diambil adalah orang-orang terbaik disetiap provinsi.

"Jadi yang kami ambil itu orang-orang terbaik bukan berdasarkan sms tetapi karena skilnya. Anak daerah yang terbaik yang dipilih untuk bersaing di Jakarta," katanya

Menurutnya untuk masyarakat provinsi Kepri memiliki keunikan sendiri dari segi voice (suara) masih unik sendiri, karena suaranya itu menyatu dengan kesenian melayu dan lagu dangdut. Jadi memang ada kesukaran disitu dan ada kelebihan.

"Kalau masyarakat di Tanjungpinang di suruh menyanyi yang lagu cengkok melayu dilahap mereka. Tetapi kalau lagi dangdut klasik itu memang agak lemah karena cengkoknya berbeda," ucapnya.

Dari ratusan perserta yang mengikuti audisi disini sistem penilaiannya akan diambil 10 sampai 15 orang perserta dengan syarat suara tidak false, performance , gestur badan bagus dan percaya diri. Tetapi kalau aura bintang itu nilai tambah.

"Akan di bawak ke Jakarta untuk di screning lagi oleh juri artis sehingga didapat satu orang yang akan mengikuti audisi untuk masing-masing perserta di setiap provinsi," tutupnya.

Editor: Surya